Petani Tewas Kena Strum

Singaraja, koranbuleleng.com| Seorang petani Nyoman Simar (55) warga dusun Tegeha, Desa Pakisan, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng ditemukan dalam kondisi sudah tak bernyawa di tengah persawahan di dusun Manuksesa, Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, Rabu 8 Maret 2017.

Pria itu tewas terkena aliran listrik. Ada dugaan korban tanpa sengaja menyenggol bambu yang dijadikan penyangga kabel listrik hingga kemudian bambu penyangga jatuh lalu  sabitnya yang digunakan untuk menyabit rumput terkena kabel.

- Advertisement -

Tubuh korban pertama kali ditemukan oleh Nyoman Widiana (47) dan Nyoman Srimerta (60). Kedua warga itu masih merupakan kerabat dekat korban.

Menurut kesaksian Nyoman Widiana posisi korban tergeletak dalam posisi menengadah dengan posisi kepala menghadap ke timur. Terdapat sebilah sabit dalam gengaman tangan kanan korban.

Sementara posisi sabit yang digenggam olehkorban masih menempel di kabel listrik yang melintang dari rumah milik Nyoman Srimerta menuju tiga rumah penduduk lainnya yang berada di pinggir areal persawahan.

“Saya lihat tangan dan kakinya sudah menghitam, jemari tangan kirinya melepuh,” ungkapnya.

- Advertisement -

Ketika melihat korban tergeletak, Widiana secara spontan meminta tolong kepada Nyoman Srimerta yang saat itu sedang berada di rumah, tak jauh dari lokasi.  Srimerta pun langsung mencabut kabel stop kontak yang mengaliri tiga rumah penduduk lainnya.

“Tiga rumah itu numpang listrik ke saya. Kabel batangan itu memang hanya dikaitkan pada bambu yang ditancapkan di areal persawahan,” kata Srimerta.

Jajaran Polsek Sawan bersama tim medis Puskesmas Kubutambahan II yang dipimpin Gede sudah sempat melakukan pemeriksaan tehradap jaad korban.

Dari hasil pemeriksaan tim medis, Ariawan mengungkapkan bahwa tidak ditemukan adanya kekerasan fisik. Dari tubuh korban yakni tangan kiri jari tengah dan telunjuk ditemukan luka melepuh karena sengatan aliran listrik.

“Terdapat luka bakar jari tengah dan telunjuk, wajah menghitam dan diperkirakan korban meninggal akibat tersengat aliran listrik bukan karena jatuh,” tutur Gede Ariawan.

Sementara Kapolsek Sawan AKP Made Derawi, SH membenarkan bahwa telah terjadi korban meninggal akibat tersetrum listrik di wilayah dusun Manuksesa, Desa Bebetin, Kecamatan Sawan.

“Kami sudah langsung menerjunkan personil untuk melakukan penanganan ke tempat ke lokasi kejadian. Kami pun sudah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan juga telah melakukan kordinasi ke pihak PLN Singaraja,” ucap Derawi. |NH|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts