Sutjidra Minta Potensi Alam Wanagiri Digarap Maksimal Tingkatkan PADes

Singaraja, koranbuleleng.com| Potensi alam Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada bisa menjadi modal bagi desa ini untuk meningkatkan nilai Pendapatan Asli Desa (PADes). Wanagiri mempunya potensi perkebunan yang subur, begitupula suasana dan pemandangan alam nyegara gunung bisa dijadikan potensi dan destinasi baru bidang pariwisata.

Karena potensi yang berlebih itu, Desa Wanagiri ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Sukasada pada Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018.

- Advertisement -

Desa Wanagiri merupakan desa ke empat yang dinilai setelah Desa Madenan, Kecamatan Tejakula,Desa Tista, Kecamatan Busungbiu dan Desa Mayong Kecamatan Seririt. Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG yang berkesempatan hadir mengapresiasi Pemerintah Desa (Pemdes) Wanagiri dalam hal pemberdayaan masyarakat.

Apresiasi tersebut diungkapkan pada saat penilaian Evaluasi Perkembangan Desa Tingkat Kabupaten Buleleng tahun 2018 yang di pusatkan di Gendung Serbaguna Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Selasa (6/3/18).

Dalam sambutannya Sutjidra mengatakan evaluasi perkembangan tingkat desa ini tiada lain untuk mengevaluasi kinerja perbekel dan jajarannya, baik di bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan karena dari Sembilan belas indicator yang di nilai laporannya adalah hal tersebut.

Mengenai pemberdayaan masyarakat, Sutjidra sangat mengapresiasi pemberdayaan lansia yang telah dilakukan Pemdes Wanagiri pada kegiatan-kegiatan desa. Selain itu, pemberdayaan masyarakat secara menyeluruh juga telah dilakukan oleh Pemdes  Wanagiri dalam berbagai kegiatan.

- Advertisement -

“Hal ini sudah sesuai dengan instruksi Bapak Presiden RI, Ir. Joko Widodo agar seluruh program kegiatan di desa di padat karya kan. Artinya masyarakat di desa harus diberdayakan dalam seluruh kegiatan yang didanai dari APBDes,” ujarnya

Dirinya menambahkan, khusus di Desa Wanagiri memiliki potensi pariwisata dan perkebunan yang cukup bagus, dikarenakan alam Desa Wanagiri sangatlah indah, ini merupakan potensi yang nantinya mampu meningkatkan PAD Desa Wanagiri “ Jadi memang alam wanagiri ini sangat indah, ini merupakan potensi untuk dapat meningkatkan PAD” jelas Wabup Sutjidra.

Lebih jauh Wabup Sutjidra mengatakan PAD yang di dapat dari potensi pariwisata dan perkebunan di Desa Wanagiri agar di peruntukkan untuk kemajuan dan kesejahtraan masyarakat wanagiri “ jadi dapat PAD supaya jangan kecag – kecog, di fokuskan, ya, difokuskan untuk pemberdayaan masyarakat di desa wanagiri” tegasnya. |NP/R|

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts