Kosong Satu Luncurkan “Kabarin” Sebagai Single Perdana

Singaraja, koranbuleleng.com| Kosong Satu Band merilis single berjudul “Kabarin” Rabu, 18 Juli 2018. Video musik single perdana ini digarap dengan latar sejumlah bangunan tua yang ada di Buleleng. Bangunan-bangunan tua di Singaraja ini, lebih banyak warisan masa lalu dari jaman pendudukan Jepang dan Belanda.

Selain bertemakan cinta, video musik dari lagu Kabarin ini juga mengisyaratkan pesan untuk pelestarian bangunan-bangunan tua yang ada di Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

Kosong Satu band bukanlah band baru yang wara wiri di blantika musik Bali. Band yang digawangi Komang Andi Wirawan sebagai vokalis, Gede Angga Pratangga Gitaris, Gusti Ngurah Agung Indrayana Gitaris, Ketut Yoga Subrata sebagai Basis, dan Gede Budi “Ojezt” Saniada sang drummer ini sudah beberapa kali tampil di beberapa panggung di Bali.

Band beraliran Pop Alternative ini dulunya bernama Oi Band, karena seluruh personilnya tergabung dalam Organisasi Masyarakat (Ormas) BPK Oi Buleleng, wadah penggemar musisi legenda Iwan Fals di Buleleng. Kehadiran Iwan Fals ke Buleleng tahun lalu pun mengubah sejarah dari Band ini.

Hingga kemudian, nama Oi Band pun berubah menjadi Kosong Satu (01) Band. Kosong adalah representasi dari Huruf O, dan Satu yang merupakan representasi huruf I dalam nama organisasi Oi.

“Pesannya Iwan Fals, kalau kamu bawain lagu saya, saya tidak akan bangga. Ketika kamu dan kawan-kawanmu membawakan karya sendiri, saya baru bangga. Berarti saya berhasil. Makanya kami memutuskan untuk merubah nama Band, dan menciptakan karya sendiri,” Jelas sang vokalis Komang Andi WIrawan.

- Advertisement -

Menurutnya, musisi Legenda Hidup Indonesia Iwan Fals menjadi inspirasi dari Kosong Satu dalam menciptakan karya. Sehingga lagu-lagu yang diciptakan pun terselipkan pesan-pesan social, pesan lingkungan. Seperti dalam single perdana berjudul “kabarin yang Ia ciptakan.

Secara umum kata Pria yang akrab disapa Andik ini menjelaskan, bahwa Lagu kabarin ini mengisahkan tentang besarnya arti cinta memengaruhi arti hidup seseorang. Namun, band ini tetap menyelipkan sebuah pesan.

Hal itu terlihat dari beberapa lokasi pengambilan gambar dalam video music di lagu ini yakni memanfaatkan sebuah rumah tua di Kelurahan Penarukan, dan bangunan-bangunan tua peninggalan colonial di Jalan Imam Bonjol Kelurahan Kampung Kajanan.

“Dari video musik ini kami berpesan kepada Pemerintah ataupun masyarakat, agar tetap melestarikan bangunan-bangunan tua bersejarah yang ada di Buleleng,” tegasnya.

Rencananya, setelah merilis single berjudul kabarin ini, Kosong Satu band akan segera melonching mini album. Selain kabarin, ada beberapa lagu yang akan mengisi album tersebut, mulai dari Luh Nyoman, Sederhana Tresna, Jak Mekejang, Cinta vs Baas Jakan dan Sisa Kopi Semalam. |RM |

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts