Buleleng Konsisten Gelar Gerak Jalan 45 Kilometer

Singaraja, koranbuleleng.com | Buleleng masih konsisten menggelar  gerak jalan 45 kilometer untuk memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 di tahun 2018 ini.

Sebanyak 43 regu menjajal jalur pantura Bali sepanjang 45 kilometer. Even Gerak jalan 45 kilometer masih digelar oleh KONI Buleleng.

- Advertisement -

Para peserta dilepas secara langsung oleh Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.OG Sabtu 11 Agustus 2018 malam. Pada tahun ini garis start dimulai dari di Lapangan Sepakbola Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak.

Pada tahun ini pula diakukan perubahan pada kategori lomba Gerak Jalan 45 KM Dewasa Putra.

Para peserta sebanyak 43 regu dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori SMA/Perguruan Tinggi dan kategori badan, dinas/kantor, organisasi pemuda/karang taruna.

Dalam sambutannya, Wabup Sutjidra menjelaskan bahwa kegiatan ini gerak jalan 45 KM dewasa putra ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan. Buleleng merupakan satu-satunya Kabupaten yang konsisten menyelenggarakan Lomba Gerak Jalan 45 KM. Hal tersebut dikarenakan kegiatan ini merupakan suatu pengamalan nilai-nilai perjuangan para pahlawan dan semangat serta jiwa 45. “Kita satu-satunya kabupaten yang konsisten menyelenggarakan ini sebagai bentuk pengamalan perjuangan para pahlawan kita,” jelasnya.

- Advertisement -

Melalui lomba gerak jalan ini, Wakil Bupati asal Desa Bontihing, Kecamatan Kubutambahan ini ingin memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme, khususnya kepada generasi muda, agar nantinya mampu meneruskan cita-cita kemerdekaan bangsa ini.

Selain itu, melalui lomba gerak jalan 45 KM ini pula dirinya ingin membangun jiwa, mental, dan karakter generasi muda yang kuat serta tangguh sehingga mampu menghadapi tantangan jaman. “Saya ingin membangun patriotism dan semangat nasionalisme melalui lomba ini. Selain itu, para generasi muda juga harus kuat dan tangguh untuk menghadapi tantangan jaman,” ujar Sutjidra.

Sebagai pimpinan daerah, Wabup Sutjidra juga berharap agar lomba gerak jalan ini berjalan dengan lancar, aman dan sukses.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana berpesan kepada para peserta untuk berlomba dengan penuh semangat dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Juga kepada para supporter agar memberikan dukungan dengan tertib, sopan serta tidak menganggu para perserta lomba dan penonton.

“Mari berlomba secara sportif. Untuk para supporter agar memberikan dukungan dengan tertib,” pungkasnya.

Sementara Ketua Umum KONI Buleleng Nyoman Artha Widnyana menyatakan pihaknya setiap tahun selalu melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan GeraknJalan 45 Kilometer. Dalam evaluasi itu juga menghimpun saran dan masukan dari masyarakat umum agar pelaksanaannya di tahun-tahun mendatang bisa lebih baik. |NP/R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts