Perkimta Siapkan Rp1,3 Miliar Untuk RTH Baru

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Buleleng sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,3 miliar untuk membuat Ruang Terbuka Hijau (RTH) baru. Pembangunan RTH baru itu yakni di halaman rumah jabatan Bupati sekaligus untuk mendukung Kawasan Promosi Soekarno Heritage.

Untuk pembangunannya, telah ada pemenang tender yakni CV. Prasetya dari Kabupaten Buleleng, pembangunannya akan dilaksanakan mulai 28 Agustus 2018 hingga 90 hari kedepan.

- Advertisement -

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengatakan, pembangunan RTH teranyar ini akan dilakukan secara bertahap.

“Semakin banyak ruang terbuka itu akan semakin bagus karena memang kurang tempat untuk rekreasi atau berinteraksi di Kota. Jadi nanti fungsinya tetap sebagai hutan kota,” jelasnya singkat.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perkimta Buleleng Ni Komang Surattini mengatakan ada perubahan yang akan dilakukan terhadap komposisi taman saat ini.

Jalan masuk menuju ke rumah jabatan akan dibuat lurus pada bagian Utara Taman dari Barat Menuju Timur.

- Advertisement -

Terkait vegetasi tanaman yang ada saat ini, semua tanaman utamanya pohon perindang dan sangkar burung di atas lahan itu akan tetap dipertahankan.

Untuk pengerjaan tahap awal, rekanan akan membuat pertamanan dilengkapi dengan jogging track, dan areal permainan untuk anak-anak.

Selain itu, juga akan dibuat boulevard untuk membatasi antara pertamanan dengan lintasan jogging track dan juga areal permainan anak-anak.

“Konsep besarnya bagaimana RTH di rumah dinas Bupati ini mendukung pengembangan Kawasan Promosi Soekarno Heritage yang sedang ditata bertahap,” tegasnya.

Sementara untuk jangka panjang, RTH di halaman rumah jabatan Bupati Buleleng ini juga akan dilengkapi areal parkir bus dan kendaraan kecil, dengan memanfaatkan gedung wanita Laksmi Graha yang berlokasi di sebelah barat Tugu Singa Ambararaja. |RM|

 

 

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts