Mahasiswa Undiksha Tingkatkan Kompetensi ke Negeri Sakura

Singaraja, koranbuleleng.com | Empat orang mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undikhsa) Singaraja dari Program Studi (Prodi) Bahasa Jepang mengikut program intership di Negeri Sakura, Jepang. Program ini untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang perhotelan.

Karena itu, empat mahasiswa yang ikut prigram ini Putu Ratih Widyaningrum, Ni Luh Ayu Nirmala Santi, Ni Nyoman Yuli Sri Mayanti dan Ida Ayu Ika Dewi akan mengikuti pelatihan kerja terkait bidang perhotelan di Vassel Hotel Okayama dari 4 Agustus 2019 sampai 1 Februari 2020.

- Advertisement -

Keempat mahasiswa tersebut didampingi Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Wayan Sadnyana , S.S., MSI  bertemu dengan Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd, untuk meminta arahan agar keempat mahassiwa tersbeut bisa menjalankan program dengan baik,  Kamis 1 Agustus 2019.

Koordinator Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, I Wayan Sadyana, S.S., M.Si. menjelaskan keikutsertaan mahasiswa pada program itu merupakan bentuk aplikatif dari pembelajaran yang telah dilakukan. “Salah satu profil prodi adalah sebagai tenaga ahli Bahasa Jepang dalam bidang perhotelan. Program ini adalah aplikasinya,” ujarnya. 

Selain mendapatkan training, mahasiswa ini juga mendapatkan pembelajaran Bahasa Jepang, pembelajaran lintas budaya dan melakukan presentasi dalam kerangka personal development. Pada kesempatan tersebut juga disinggung kerjasama dengan Vassel Hotel yang telah dirancang oleh Undiksha melalui Kowa Copr. Jepang.  “Melalui pembelajaran ini mahasiswa berkesempatan mengikuti tranining selama enam bulan dan untuk memperdalam penguasaan Bahasa Jepang,” Jelasnya. 

Sementara Rektor Jampel mengapresiasi keikutsertaan mahasiswa dalam program itu. Disampaikan, Undiksha saat ini telah bekerjasama dengan beberapa hotel di Jepang untuk menyelenggarakan program internship.  

- Advertisement -

Upaya perluasan juga terus dilakukan, salah satunya dengan Marriot Hotel Okinawa Jepang dan sudah melakukan pemberangkatan mahasiswa gelombang kedua. “Sedangkan untuk Vassel Hotel ini adalah pemberangkatan yang pertama dilakukan Undiksha. Untuk yang berangkat sebelumnya ada langsung kerja disana setelah lulus,” ucapnya. 

Ia menegaskan pada program tersebut, mahasiswa juga diminta untuk menggaungkan falsafah Tri Hita Karana yang menjadi landasan visi Undiksha sebagai universitas unggul di Asia pada tahun 2045. “Ini menciptakan keharmonisan. Jadinya harus diperkenalkan juga oleh mahasiswa,” pungkasnya. |NP/R|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts