Capai Sekolah Sehat Dengan Mengaktifkan UKS

Singaraja, koranbuleleng.com | Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)  merupakan program untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan juga membentuk perilaku hidup sehat dalam lingkungan pendidikan. 

Itu menjadi tugas sekolah beserta peserta didik dengan tujuan mencapai keadaan kesehatan yang baik sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar anak  di Sekolah. 

- Advertisement -

Untuk mencapai itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng (Disdikpora), melalui Bidang Pembinaan Sekolah Dasar menyelenggarakan implementasi sekolah dasar bersih dan sehat tahun 2019, di kantor Korwil Disdikpora Kecamatan Buleleng.

Kabid Pembinaan SD, I Nyoman Darta, S.Pd.  menyatakan Pemerintah melalui Disdikpora mengupayakan agar seluruh sekolah bisa menjadi sekolah yang sehat dan bersih, baik dari lingkungan serta bagi siswa dan siswi. 

Untuk memenuhi standar kesehatan pemerintah mengadakan Program Pembangunan Kamar Mandi SD dengan sasaran 72 Sekolah.  Hal lain yang harus diperhatikan yakni Ruang UKS, Sumber Air Cukup, Sarana Cuci Tangan, memiliki jamban yang banyak, dan kantin sehat.

“Semua ada draft form gradasi penilaian strata UKS serta monitoring dan evaluasi penerapan model sekolah/madrasah sehat. Ini  agar Kepala sekolah memiliki dan menerapkan hidup bersih dan sehat kepada warga sekolah,” Kata Darta.

- Advertisement -

Disdikpora berharap dengan diadakannya kegiatan ini, nantinya dijadikan dasar untuk melangkah maupun mencari bibit sekolah-sekolah yang bisa dijadikan calon dalam setiap kegiatan terkait UKS.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts