More

    Sarasehan Kepahlawanan Ingatkan Pemuda tentang Perjuangan Kemerdekaan

    Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng menggelar sarasehan kepahlawanan guna memacu semangat generasi muda bangsa dalam upaya mengisi dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) secara positif.  

    Sarasehan digelar serangkaian dengan Peringatan Hari Pahlawan ke-74 dan HUT ke-73 Puputan Margarana serta Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai, di Monumen Perjuangan Tri Yudha Sakti, Selasa 12 Nopember 2019.

    Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng, Drs. Komang Sumertajaya mengatakan Pemkab Buleleng menghargai perjuangan dan pengorbanan pahlawan I Gusti Ngurah Rai dalam merintis, merebut, menegakkan,  membela dan mempertahankan NKRI. Perjuangan itu hendaknya dapat menjadi inspirasi yang kemudian memacu semangat dalam mengisi kemerdekaan.

    Tema “Aku Pahlawan Masa Kini”, kata Sumertajaya diharpakan dapat diwujudkan dengan bekerja, berkarya, peduli dan berbagi untuk sesama. “Hendaknya hal ini dapat digunakan sebagai acuan untuk meraih prestasi dan menggapai cita-cita,” ujarnya.

    Sarasehan kepahlawanan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan kebersamaan dalam mengatasi berbagai permasalahan dalam kehidupan. Seperti,  kemiskinan, pengangguran, ketelantaran, penyakit sosial, serta masalah sosial lainnya yang memerlukan perhatian dan keseriusan bersama untuk menanggulanginya.

    Maka dari itu, ia mengajak seluruh peserta sarasehan sebagai generasi penerus, disamping memberikan penghormatan dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, agar lebih berkomitmen untuk menyatukan tekad dan langkah untuk memajukan dan mewujudkan kesejahteraan di Buleleng.

    “Kita tingkatkan kesanggupan untuk mengamalkan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan dan sikap serta perilaku kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” tegasnya.

    Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Buleleng, Putu Dewi Puspitawati, SH.,MM, menjelaskan sarasehan kepahlawanan ini digelar dengan  tujuan memupuk semangat juang dan rasa kebersamaan guna terwujudnya integrasi generasi muda yang hadir pada acara tersebut yaitu kalangan pelajar SMP dan SMA di Buleleng.

    Sebelum pelaksanaan sarahsehan ini, Kabupaten Buleleng telah melaksanakan serah terima Pataka Pahlawan I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Jembrana bertempat di Lapangan Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak, kemudian napak tilas perjuangan Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, lalu dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Curastana.

    “Melalui sarasehan ini, kami harapkan generasi muda dapat termotivasi dari perjuangan pahlawan yang telah mendahului kita, untuk senantiasa menjaga seta mempertahankan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia,” pungkasnya. |R|

    Berita Terpopuler

    Bupati Buleleng Tegaskan Investor Wajib Taat Perizinan

    Satpol PP Pemkab Buleleng melakukan penyegelan sebuah tower selular karena belum melengkapi perizinan |FOTO : PUTU Nova| Singaraja,...

    Selamat Jalan Bli Jro, Istirahatlah dengan Tenang dan Damai

    Jurnalis Nusa Bali, Jro Made Sudirta semasa hidupnya saat bertugas menjadi wartawan pernah mengikuti pelatihan penyelaman |FOTO : Made Suartha|

    Petugas Farmasi dan Tenaga Kesehatan Terpapar COVID 19

    Singaraja, koranbuleleng.com| Klaster penularan Corona Virus Disease (COVID) 19 di Buleleng kini merambah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng. Buktinya, sejumlah...

    Tiga Temuan Dalam LKPD 2019 Belum Penuhi Rekomendasi BPK

    Nyoman Gede Wandira Adi |FOTO : Istimewa| Singaraja, koranbuleleng.com| BPK Perwakilan Provinsi Bali menyampaikan ada tujuh temuan dalam...

    Related articles