Pemkab Buleleng Bangun Infrastruktur Dengan Total Anggaran 26 miliar

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng akan melakukan pembangunan infrastruktur untuk jembatan dan jalan di tahun 2020. Total anggaran yang disiapkan mencapai Rp26 miliar lebih.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PUTR Buleleng I Putu Adiptha Ekaputra menjelaskan, anggaran yang berjumlah Rp26 Miliar itu berasal dari beberapa sumber, mulai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan, DAK Reguler, dan juga APBD Kabupaten Buleleng tahun 2020. Anggaran itu digunakan untuk empat program yakni pembangunan jembatan baru, perbaikan jembatan, rehab jalan, dan peningkatan jalan.

- Advertisement -

Untuk pembangunan jembatan baru akan dilaksanakan di Pangkung Dalem, Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada. Jembatan akan dibangun dengan panjang sekitar 40 meter dan tinggi 5 hingga 10 meter. Total anggaran yang disiapkan yakni sebesar Rp8,9 miliar yang bersumber dari DAK Penugasan.

“Jadi jembatan ini nantinya dibangun untuk jalur alternative dan penghubung antara Desa Gitgit dengan Desa Wanagiri. Ini memang menjadi program prioritas Nasional,” jelasnya.

Pembangunan lainnya lanjut Adipta adalah perbaikan jembatan Tukad Buleleng yang menghubungkan Lingkungan Baku, Kelurahan Sukasada, Kecamatan Sukasada, dengan Desa Sari Mekar, Kecamatan Buleleng. Dinas PUTR akan melakukan perubahan pada struktur jembatan dengan spesifikasi bentang 40 meter dengan memanfaatkan anggaran sebesar Rp6,8 miliar bersumber dari DAK Reguler.

Selain pembangunan jembatan, DInas PUTR juga akan melaksanakan program perbaikan jalan. Beberapa diantaranya adalah rehab jalan di Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng sepanjang 2,5 kilometer dengan anggaran senilai Rp3,5 miliar. Rehab jalan juga akan dilaksanakan di Desa Tambakan, Kecamatan Kubutambahan sepanjang 500 meter dengan anggaran senilai Rp728 juta.

- Advertisement -

“Jalan itu keduanya memang dalam kondisi rusak parah dan prioritas untuk dikerjakan tahun ini. Anggaran keduanya bersumber dari DAK,” kata Adiptha.

Selain rehab jalan, juga akan dilaksanakan peningkatan jalan SP.3 simpang Tigawasa-Uma Sendi-Bingin Banjah sepanjang 5 kilometer dengan anggaran Rp6,5 miliar. Kemudian peningkatan jalan juga dilaksanakan Dusun Benyah, Desa Bebetin-Desa Sudaji sepanjang 1,2 kilometer, dengan anggaran senilai Rp1,8 miliar yang bersumber dari APBD Buleleng.

Selain itu, juga akan dilakukan peningkatan jalan menuju Pantai Lokapaksa sepanjang 1,1 kilometer dengan anggaran senilai Rp1,54 yang bersumber dari APBD Buleleng.

“Program untuk jembatan dan Jalan DED-nya sudah siap semua, dan semua dokumen juga sudah lengkap dan sudah masuk proses lelang di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa,” pungkas Adiptha. |RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts