Napak Tilas Kenang Perjalanan Panji Sakti

Singaraja, koranbuleleng.com | MEmperingati HUT ke-416 Kota Singaraja, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menggelar napak tilas atas perjalanan dari Panji Sakti, pendiri kerajaan Buleleng, Jumat 13 Maret 2020. Napak Tilas diikuti oleh 53 regu, tediri dari sejumlahpelajar, mahasswa serta masyarakat umum.

Napak tilas dimulai dari pelataran Pura Tirta Yeh Ketipat, Desa Wanagiri, Kecamatan Suaksada. Lalu melanjutkan perjalanan  menyusur rute Desa Pegayaman, Desa Pumahan, Desa Padang Bulia, Desa Sangket, dan finish di Monumen Tri Yudha Sakti.  

- Advertisement -

Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Buleleng, I Putu Karuna, SH secara resmi melepas perjalanan peserta Lomba Napak Tilas Panji Sakti.

Karuna juga membacakan sambutan Bupati Buleleng yang menegaskan napak tilas ini sebagai upaya melestarikan sejarah lahirnya Kota Singaraja serta untuk menanamkan nilai – nilai sejarah perjuangan dan keagungan Raja Ki Gusti Ngurah Panji Sakti.  

“Dengan kegiatan ini kita harapkan generasi muda memahami sejarah lahirnya Kota Singaraja, serta menjadikan sosok Ki Gusti Ngurah Panji Sakti sebagai figur dalam rangka membangun kapasitas diri, sehingga nantinya mampu berperan dalaam pembangunan Buleleng secara umum”, jelas Putu Karuna.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng, Ir. Gde Darmaja melaporkan, peserta Lomba Napak Tilas pada tahun ini berjumlah 53 regu, meningkat dari 23 regu dibanding tahun lalu.

Peserta lomba terdiri dari 32 regu siswa SMA /SMK, 4 regu dari perguruan tinggi, dan 17 regu dari organisasi pemuda. “Peserta lomba tahun ini meningkat sebanyak 23 regu, dimna peserta lomba akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 22.500.000 serta Tropy dan Piagam penghargaan”, kata Darmaja.

“Dengan kondisi cuaca seperti saat ini yang bisa berubah – ubah setiap jamnya, rute yang kita siapkan adalah rute yang relatif aman”, jelas Darmaja.

Untuk diketahui, kriteria penilaian lomba meliputi, kreasi pakaian yang bernafaskan pakaian pejuang masa sejarah Panji Sakti, keutuhan regu, ketepatan waktu, tingkat penyelesaian terhadap persoalan atau tugas yang diberikan di masing – masing pos, serta kecermatan dalam mengikuti penunjuk arah. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts