The Spirit of Sobean Jadi Branding Potensi Unggulan Buleleng

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana bersama Ny. Aries Sujati Suradnyana meperkenalkan branding The Spirit of Sobean untuk potensi unggulan yang dimiliki Buleleng |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | The Spirit of Sobean menjadi branding untuk potensi unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Buleleng. Branding ini diperkenalkan langsung oleh Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana, Kamis 27 Agustus 2020.

- Advertisement -

Menurut Agus,  pemerintah akan melakukan pemteaan terhadap bebragai potensi lokal yang terbaik bisa dijual ke khalayak. Potensi lokal yang terpilih juga bisa dijadikan sarana untuk mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Buleleng.  

“Seperti hasil-hasil pertanian, destinasi wisata, bahkan hotel-hotel terbaik di Buleleng. Destinasi wisata terbaik yang bisa masuk seperti kebersihan dan keasriannya terjaga. Termasuk perilaku masyarakat sekitar yang bisa dijadikan sumber perekonomian di masyarakat,” jelasnya.

The Spirit of Sobean menjadi sebuah simbol tentang hal-hal yang terbaik dari Buleleng seperti  buah-buah lokal unggulan.  Misalnya durian “Ki Raja” dan durian-durian lain yang menjadi juara pada Kontes Durian beberapa waktu yang lalu, bisa diberikan branding Sobean.  

Nantinya Perusahaan Daerah (PD) Swatantra sebagai salah satu perusahaan daerah yang menampung hasil-hasil para petani bisa menyerap dan kembali menjualnya kepada masyarakat. Dengan branding Sobean tersebut, harga bisa menjadi naik hingga dua kali lipat.  

- Advertisement -

Begitu juga dengan hal-hal lain seperti kuliner syobak yang khas Buleleng. Siapa pedagang syobak paling enak diberikan branding Sobean. “Kita seleksi betul nantinya. Sehingga mendapatkan julukan Sobean. Jadi, ada nilai lebih dari konsep ini,” ujar Agus Suradnyana.

Disinggung mengenai kata Sobean , Agus Suradnyana menambahkan bahwa kata Sobean merupakan kata yang diperolehnya dari ibu kandungnya dan merupakan bahasa dari desa kelahirannya, Desa Banyuatis.

Dia mengenang, ketika Agus Suradnyana  kecil tidak menginginkan sesuatu yang ditawarkan oleh ibunya, ibunya mengatakan Sobean Sobean.  Jadi, artinya dari Sobean adalah yang terbaik.

“Dulu waktu saya kecil, ditawari mangga, saya menolak karena saya berpikir mangga itu masam. Lalu ibu saya mengatakan sobean ne sing masem (dalam Bahasa Bali). Sehingga, artinya yang terbaik, yang baik, top lah pokoknya. Dari situ, saya berkeinginan untuk mencari semua hal terbaik dari Buleleng melalui konsep ataupun branding Sobean ini,” tutupnya. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts