Undiksha Cetak Mahasiswa Kompeten dan Berkarakter

Wakil Rektor I Undiksha, bidang akademik dan Kerjasama, Dr, Gede Rasben Dantes, S.T., M.TI |FOTO : PUTU SOSIAWAN|

Singaraja, koranbuleleng.com | Universitas Pendidikan Ganesha menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) dengan cara daring, Rabu 9 September 2020. Kegiatan awal bagi mahasiswa baru ini dilakukan secara daring untuk mencegah penularan virus corona, agar semua orang bisa saling menjaga. 

- Advertisement -

Beberapa pemateri dari Undiksha maupun dari luar kampus memberikan sejumlah pengajaran bagi mahasiswa baru. Diantaranya, Wakil Rektor I Undiksha, bidang akademik dan Kerjasama, Dr, Gede Rasben Dantes, S.T., M.TI. dengan penyampaian materi “Melahirkan Ganesha Muda yang Unggul dan Berkarakter”.

Rasben menekankan bahwa Undiksha ingin membentuk mahasiswa Undiskha sebagai Ganesha Muda yang unggul dan berkarakter.  

“Kami tidak mendidik mahasiswa hanya untuk memiliki kompetensi tetapi juga memiliki karakter atau interpersonal skills,” ujarnya. 

Rasben mebincangkan tentang materi Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka yang memberikan hak belajar di luar program studi ataupun luar universitas sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang standar Nasional Pendidikan Tinggi. Merdeka belajar inilah yang akan memberikan kesempatan mahasiswa Undiksha untuk melakukan pertukaran pelajar ataupun credit transfer di luar perguruan tinggi.

- Advertisement -

Akademisi kelahiran Badung ini juga menyampaikan bahwa dalam proses belajar tidak hanya terjadi proses mentransfer pengetahuan dari dosen ke mahasiswa, akan tetapi ada proses transfer terkait keterampilan, teknologi dan juga nilai atau karakter yang akan digunakan dalam  bidang kehidupan mendatang. “Nilai dan karakter inilah yang membalut pengetahuan, keterampilan, dan teknologi agar berdaya guna dan bermanfaat bagi masyarakat,” ungkapnya.

Harapan yang besar, setelah lulus nanti, mahasiswa Undiksha dapat menciptakan peluang kerja dan membuka lapangan kerja untuk masyarakat. Oleh karenanya, Universitas diwajibkan memberikan mata kuliah terkait kewirausahaan atau entrepreneurship. Sehingga sangat diharapkan, academic environment di Undiksha dapat melahirkan Ganesha Muda yang unggul dan berkarakter sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

Sebelum menyelesaikan presentasinya, Rasben kembali mengingatkan bahwa untuk semester ini segala bentuk perkuliahan masih dilakukan secara daring. Sementara itu, kegiatan praktikum masih diijinkan dilakukan secara konvensional namun dilakukan sesuai protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID 19. Rasben sangat mengharapkan mahasiswa Undiksha dapat mewujudkan Undiksha yang semakin unggul. 

“Kebhinnekaan adalah kekayaan kita. Persatuan dan kesatuan adalah tekad kita. Mari lahirkan Ganesha Muda unggul dan berkarakter,” tutupnya. 

Materi ini disampaikan Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, M.Sc yang merupakan alumni Undiksha.

Perempuan asal Desa Cau Blayu, Kecamatan Marga, Tabanan ini memiliki banyak pengalaman dalam bidang birokrasi. Berbagai jabatan pernah diembannya sampai kini mendapat kepercayaan untuk menduduki posisi sekretaris kementerian yang pimpin Wishnutama.

Di tengah kesibukannya itu, birokrat kelahiran Denpasar ini tetap menjadikan pendidikan sebagai skala prioritas untuk mendukung peningkatan kompetensi diri. “Kesuksesan itu kita raih dari bawah,” katanya.

Dari pernyataan itu, kesuksesan menurutnya harus didukung sebuah perjuangan. Harus berani memulai dan selalu didasari rasa bersyukur, terus belajar dan bergerak menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Menurutnya pula, kesuksesan sangat melekat dengan dukungan dan doa orangtua serta kejujuran.

“Jadilah versi terbaik dari diri sendiri. Apapun yang ditekuni atau dilakukan, semua penting untuk kehidupan bermasyarakat,” ucapnya. Ia mengharapkan kesuksesan dapat diraih oleh mahasiswa Undiksha, termasuk dalam hal menduduki jabatan di dunia birokrasi. 

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Hubungan Masyarakat, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., mengapresiasi pengalaman dan pengetahuan yang dibagikan kepada mahasiswa yang menjadi generasi penerus bangsa. |R/NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts