Puluhan Penyintas COVID 19 Lakukan Donor Plasma Konvalesen

Sejumlah penyintas COVID 19 menjalani screening sebelum melakukan donor plasma untuk terapi penyembuhan bagi pasien COVID 19 bergejala berat |FOTO : EDY NURDIANTORO|

Singaraja, koranbuleleng.com | Puluhan penyintas COVID 19 di Buleleng bersedia melakukan  donor plasma konvalesen. Mereka sudah menjalani screening di RSAD Singaraja, Sabtu 3 Oktober 2020.  Penyintas COVID 19 ini adalah orang yang pernah dinyatakan positif COVID 19 dan sudah dinyatakan sembuh setelah mendapatkan hasil swab negative.

- Advertisement -

Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra mengatakan, proses screening dilakukan untuk mengukur antibodi dari penyintas COVID 19 serta mengetahui apakah yang bersangkutan terjangkit penyakit lain seperti HIV dan penyakit-penyakit lainnya. 

“Hasil dari screening plasma tersebut, sore ini diharapkan sudah bisa didapatkan. Proses screening ini dilakukan untuk mengukur titer antibodi dari penyintas COVID 19,” ujar I Nyoman Sutjidra yang hadir pada acara bakti sosial rangkaian HUT ke 75 TNI di RSAD Wirasatya Singaraja, Sabtu 3 oktober 2020.

Sujitra berharap, dengan adanya donor Plasma Konvalesen dapat menyembuhkan pasien yang terinfeksi COVID 19. Karena, ada beberapa pasien dengan gejala berat dan kritis terbantu dengan adanya terapi plasma konvalesen ini.  

“Kalau titer antibodinya tinggi, itu sudah memenuhi syarat. Proses memisahkan sel darah dengan plasmanya ini dilakukan di Denpasar. Karena ini sangat efektif sekali seperti uji coba yang sudah dilakukan di Jakarta” terang Sutjidra.

- Advertisement -

Donor darah Plasma konvaselen ini digelar oleh KODIM 1609/Buleleng serangkaian dengan HUT ke-75 TNI.

Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto, memberikan apresiasi penuh terhadap Para relawan donor plasma konvalesen. 

Pihaknya akan terus mendukung upaya-upaya pemutusan rantai penyebaran COVID 19 khususnya di Kabupaten Buleleng. 

“Mereka pernah terpapar, namun dengan imunitas tubuh yang bagus akhirnya bisa sembuh, kembali melakukan aktivitas seperti biasanya dan bisa menolong rekan-rekan lain yang masih terkonfirmasi positif COVID 19,” ungkapnya

Windra Lisrianto menambahkan, selain melakukan donor plasma konvalesen. Pihaknya juga memberikan sembako dan bedah rumah terhadap warga yang memerlukan. Serta Penyerahan piagam penghargaan kepada penyintas COVID 19 di Buleleng yang melakukan donor plasma konvalesen.     

“Ini juga dijalankan sesuai dengan delapan wajib TNI yang salah satu lainnya yakni menjadi contoh  untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya,” tutupnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts