Disdikpora Susun Draf Perbup Penyelenggaraan PAUD Pra SD

Kadisdikpora buleleng, Made Astika

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng menyusun Draft Peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Satu Tahun Pra Sekolah Dasar. 

- Advertisement -

Draft peraturan ini masih memerlukan saran dan masukan sebelum diajukan ke bagian Hukum Setda Kabupaten Buleleng untuk dikoreksi kembali agar menjadi peraturan yang aplikatif dan mengcover kepentingan yang menjadi tujuan Perbup itu sendiri.

“Kita masih minta masukan kepada seluruh stakeholder yang terlibat, ada dari bagian hukum, tim ahli dari universitas, dari Bappeda untuk proses penganggaran, dan Dinas PMD untuk mensosialisasikan ke  seluruh desa,”  ujar Kadisdikpora Buleleng Made Astika   

Made Astika  menjelaskan, pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak-anak dengan mempertimbangan akses pendidikannya secara kelembagaan, maka nantinya dapat memaksimalkan penyelenggaraan program pendidikan yang  dipandang perlu diatur melalui Peraturan Bupati.

“Bagaimana kita dapat membina anak-anak di usia emas ini biar bisa dibentuk di pendidikan dasar. Ke depan ketika kita sudah siap, akan kita upayakan ada persyaratan sebelum masuk SD harus sudah ikut PAUD minimal satu tahun” sambungnya

- Advertisement -

Lebih lanjut Made Astika  menambahkan, PAUD merupakan pendidikan yang menyasar anak usia 0-6 tahun.  Pada masa ini mereka akan ditempa mentalnya, diberikan rangsangan pendidikan awal sesuai dengan tahap perkembangan anak melalui kegiatan pembiasaan atau sering kita dengar dengan istilah bermain sambil belajar.

“Pemberian rangsangan pendidikan tentu akan sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani sehingga anak akan memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.” Jelasnya.

Setelah Pembahasan,  kegiatan  dilanjutkan pada hari jumat, 13 November 2020 sebagai final dari penyusunan Pembahasan Draft Peraturan Bupati. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts