Satgas Penanganan Covid-19 Mohon Ribuan Reagen untuk Uji Spesimen

Tes Usap untuk bahan pemeriksaan spesimen pengujian Covid-19 |FOTO : istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemkab Buleleng sudah mengusulkan sebanyak seribu kit reagen ekstraksi Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) kepada kepada Pemerintah Provinsi Bali.

- Advertisement -

Reagen adalah ekstraksi yang digunakan dalam pengecekan spesimen dari tes usap. Reagen berisi sejumlah senyawa kimia untuk mendeteksi keberadaan SARS-CoV-2, sebagai virus penyebab COVID-19.

Satuan Gugus Tugas COVID-19 telah melakukan uji coba alat PCR, bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI. Saat ini masih melakukan proses secara massal pemeriksaan usap bagi ASN.  Hingga November 2020, sudah ada sekitar 1.031 ASN yang diperiksa. 

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa, saat ini dari hasil tes usap secara massal, ada penambahan satu orang pasien terkonfirmasi positif.

Suyasa tetapmengingatkan masyarakat tetap ingat protokol kesehatan dengan menerapkan 3M, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Pemerintah juga mempunyai tugas untuk melakukan 3T, Testing, tracing dan treatment.

- Advertisement -

“Sampai saat ini sudah 1.031 ASN sudah dites massal. Penerapan 3T (Testing, Tracing, Treatment) dalam penanganan medis dan penerapan 3M itu harus dilakukan secara intensif untuk memutus rantai penularan Covid-19,” kata Suyasa mengingatkan. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts