Desa Adat di Bali Gelar Ritual Pemarishuda Bumi Putus Penyebaran COVID-19

Prajuru Desa Adat Buleleng menggelar persembahyangan secara terbatas sebagai rangkaian dari ritual Pemarishuda Bumi |FOTO : I Putu Nova A.Putra|

Singaraja, koranbuleleng.com | Desa adat di Bali menggelar ritual Pemarishuda Bumi untuk mencegah penyebaran COVID-19. Prosesi Pemarisudha Bumi di Desa Adat Buleleng dipusatkan di Pura Kahyangan Tiga oleh Satgas Gotong Royong Covid-19 dan Desa Adat Buleleng, Senin 14 Desember 2020.

- Advertisement -

Ritual ini juga dirangkaikan dengan nyejer daksina yang digelar setiap bulan Purnama dan Tilem. Untuk menghindari kerumunan saat pembagian tirta, Desa Adat Buleleng meminta hanya dihadiri oleh masing-masing perwakilan.  Selain di Pura Kahyangan Tiga, penyediaan tirta penawar dan pemarisudha bumi juga disediakan di sekretariat Desa Adat Buleleng.

Kelian Desa Adat Buleleng Nyoman Sutrisna menjelaskan kegiatan pemarisudha bumi merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Bali.  

Di Desa adat Buleleng para kelian banjar adat datang ke Pura terdekat untuk nunas tirta dan beras. Beras ini sebelumnya juga sudah melalui proses upacara di Pura Watu Klotok, Kabupaten Klungkung.

Ritual ini sebagai cara dari sisi kearifan lokal kita untuk mencegah penyebaran COVID-19. Seluruh rangkaian tradisi yang digelr di Pura sudah menerapkan protokol, dan hanya ada perwakilan dari banjar adat yang datang ke pura untuk mengikuti rangkaian dan pembagian tirta,” ujar Sutrisna.

- Advertisement -

Sutrisna menambahkan bahwa Satgas Gotong Royong Desa adat Buleleng dengan gencar melakukan sosialisasi pencegahan COVID-19 di 14 banjar adat di Desa Adat Buleleng. |NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts