Pelajar dan Mahasiswa Papua Tanam Porang

Tanam bibit Porang |FOTO : edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | Pelajar dan mahasiswa asal Papua diperkenalkan dan dilatih budidaya tanam porang di Desa Panji, Kecamatan Sukasada, Buleleng, Minggu 24 januari 2021 sore. Mereka yang ikut dalam acara ini merupakan warga Papua yang tengah menempuh studi di Kota Singaraja, Buleleng.

- Advertisement -

Salah satu mahasiswa asal Papua yang kuliah di Fakultas Olahraga Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Fredrikus Marian, mengaku senang ambil bagian dalam penanaman porang. Dengan kegiatan ini setidaknya bisa mempelajari pengetahuan baru budidaya porang.

“Ini pengalaman berharga buat kami. Paling tidak akan coba kami terapkan nantinya,” tuturnya

Porang sendiri merupakan tanaman  jenis umbi-umbian, manfaat porang ini banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, selain juga untuk pembuatan lem dan jelly. Kegiatan penanaman porang diinisiasi oleh sejumlah personel Denintel Kodam IX/Udayana.  Penanaman dilakukan di kebun milik salah satu warga Banjar Dinas Dauh Pura, Desa Panji, Dewa Karyawan.

Dewa Karyawan sendiri mulai mencoba membudidayakan tanaman porang sejak Oktober 2020 lalu. Dia menanam ratusan bibit porang diatas lahan seluas sekitar 40 are. 

- Advertisement -

“Ini adalah awal yang baik untuk budidaya tanaman porang, apalagi di desa sejatinya tanaman ini banyak tumbuh liar saat musim hujan dan petani di sini sebagian besar belum tahu tentang manfaat tanaman ini,” katanya

Pada kesempatan ini Dewa Karyawan juga mengajarkan teknik budidaya tanaman porang ke belasan pelajar dan mahasiswa asal Papua yang datang ke kebunnya.

“Untuk menanam diperlukan jarak sekitar 30 cm antar tanaman. Perawatan hanya diperlukan pemupukan berkala,” jelasnya.

Sementara itu, personel Denintel Kodam IX/Udayana penanggung jawab kegiatan ini, Kapten Marle mengungkapkan, pelatihan budidaya tanam porang ini sudah beberapa kali dilakukan menyasar pelajar dan mahasiswa.

“Sebelumnya kami melakukan kegiatan seperti ini di Bangli dan Karangasem,” singkatnya.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts