7440 Vial Vaksin Akan Dikawal Ketat Menuju Buleleng

Sekretaris Daerah Buleleng, Gede Suyasa |FOTO : Yoga Sariada|

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 7440 Vial Vaksin akan diterima kabupaten Buleleng Selasa 26 januari 2021. Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui dinas kesehatan telah menyiapkan transportasi untuk penjemputan vaksin dengan pengawalan ketat aparat kepolisian dan Satpol PP Pemkab Buleleng. 

- Advertisement -

“4000 vaksin akan disimpan di depo farmasi. Sisanya akan di sebar ke Puskesmas yang memiliki cold chain.” ujar Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Gede Suyasa

Vaksinasi yang dijadwalkan mulai Rabu 27 Januari  2021. Jika ada puskesmas yang sudah memiliki cold chain bisa menyimpan vaksin untuk kemudian bisa melaksanakan vaksinasi sesuai prosedur tetap.

Sedangkan untuk rumah sakit yang tidak punya cold chain maka sebelum vaksinasi harus mengambil ke depo farmasi pada pagi harinya.

“Tadi sudah rapat. Ada surat dari provinsi Bali, vaksinasi dilaksanakan mulai 27 Januari  2021,” sambungnya.

- Advertisement -

Suyasa menambahkan, pemerintah masih melakukan validasi terhadap calon yang mendapatkan vaksin, mulaid ari tenaga kesehatan, ataupun pejabat daerah. 

“Tentu kita tidak bisa menentukan angka sasaran pasti. Karena sangat tergantung situasi di lapangan pada saat vaksinasi.  Jika misalnya ada nakes memiliki riwayat penyakit komorbid otomatis tidak bisa,” ungkapnya.

Suyasa menegaskan jika vaksinasi pada tanggal 27 Januari  2021 merupakan tahap pertama untuk di kabupaten Buleleng.  Masih ada tahap-tahap berikutnya.

Disisi lain, Perkembangan Penanganan COVID-19 Kabupaten Buleleng pada 25 Januari 2021 tidak ada penambahan kasus konfirmasi baru. Namun, terdapat 14 orang dinyatakan sembuh.

14 sembuh dari Kecamatan Buleleng sebanyak 4 orang, Kecamatan Sukasada sebanyak 4 orang, Kecamatan Banjar sebanyak 3 orang dan masing-masing sebanyak 1 orang dari Kecamatan Gerokgak, Seririt, dan Sawan.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Buleleng I Ketut Suweca mengatakan,  Penanganan kasus Covid-19 di Buleleng yang sedang menjalani perawatan sebanyak 150.

“Rinciannya di RSUD Buleleng 29 orang, Rumah Sakit Balimed 16 orang, Rumah Sakit Karya Dharma Husada 32 orang, Rumah Sakit Kerta Usada 13 orang, Rumah Sakit Tangguwisia 4 orang, Rumah Sakit Santhi Graha 3 orang, Rumah Sakit Semara Ratih 2 orang, Hotel Vasini 4 orang, Hotel Hitz 16 orang, Hotel Bali Beach 12 orang dan isolasi mandiri 19 orang” ujarnya

Semantara kasus konfirmasi kumulatif di Buleleng sebanyak 1.615 orang dengan rincian sembuh sebanyak 1.390 orang, kasus meninggal sebanyak 75 orang. 

Pihaknya tetap menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan selalu memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak, mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir atau hand sanitizer dan menghindari kerumunan.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts