Nelayan Hilang Saat Menyelam

Pencarian Nelayan hilang di Desa Pemuteram, Gerokgak |FOTO : Edy Nurdiantoro|

Singaraja, koranbuleleng.com | I Kadek Astawan (30 tahun) Warga Banjar Dinas Loka Segara, desa Pemuteran, kecamatan Gerokgak, Buleleng diketahui hilang ketika mencari ikan di laut wilayah desa Pemuteran.

- Advertisement -

Tim Basarnas bersama Satpol Air Polres Buleleng sudah berusaha melakukan pencarian. Namun Sampai saat ini keberadaan korban belum juga diketahui. Karena cuaca buruk Tim SAR akhirnya menghentikan pencarian.

Menurut informasi pihak berwenang, kejadian bermula ketika korban pada hari Selasa 26 Januari 2021 pukul 07.00, pergi melaut menggunakan perahu bersama 5 orang warga lainya. Korban bersama rekannya yakni Nyoman Sulandra, Gede Putrayana, Komang Juliada, Gede  Kartika,dan Kadek Berata. 

Mereka mencari ikan dengan cara menyelam untuk memanah ikan. Mereka melakukan aktivitas beberapa jam, kemudian memutuskan menepi untuk beristirahat.  Namun korban sampai sekitar pukul 13.00 wita belum juga  muncul ke permukaan.

Kasat Pol Air Polres Buleleng AKP I Wayan Parta mengatakan, rekanya Nyoman Suladra baru menyadari jika korban Kadek Astawan tidak berada di lokasi setelah empat kali penyelaman pada pukul 13.00 Wita.

- Advertisement -

Mereka  sempat melakukan pencarian di seputaran lokasi mereka menyelam. Namun tanda-tanda keberadaan Astawan tidak terdeteksi. Sehingga rekan  korban melaporkan hal tersebut.

“Rekanya sempat mencari di sekitar rumpon namun tidak ditemukan. Akhirnya mereka memutuskan kembali ke darat sekitar pukul 15.00 Wita untuk menginformasikan kepada keluarga dan meminta pertolongan bantuan pencarian,” ” ujarnya

Sebanyak 13 personel tim gabungan yang terdiri dari Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Buleleng, BPBD Buleleng, TNI AL Celukan Bawang, Polair Celukan Bawang, serta nelayan setempat, diterjunkan untuk melakukan pencarian korban di sekitar lokasi dilaporkan menghilang.

Sementara itu, Camat Gerokgak Made Juartawan mengatakan, Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian hingga sore hari. Namun pencarian diputuskan dihentikan sementara akibat cuaca buruk.

“Untuk sementara pencarian dihentikan akibat cuaca makin memburuk di seputar hilangnya korban,” ujarnya singkat. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts