TNI Gelar Rapid Tes Saat Pagerwesi

Dandim 1609/Buleleng Letkol lnf. Mohammad Windra Lisrianto |FOTO : Yoga Sariada|

Singaraja, koranbuleleng.com | Kodim 1609/Buleleng berencana melaksanakan rapid tes antigen di Pura Jagatnata, Sngaraja saat persembahyangan hari raya Pagerwesi, Rabu 3 Januari 2021. Sasaran rapid tes adalah masyarakat yang akan melakukan persembahyangan, pengurus serta pengempon Pura Jagatnata.

- Advertisement -

TNI telah menyiapkan sebanyak 100 rapid tes antigen dan 50 rapid tes antibody. Raid tes ini sebagai salah satu upaya pencegahan klaster upacara adat.

Dandim 1609/Buleleng Letkol lnf. Mohammad Windra Lisrianto mengatakan, rapid tes dilakukan sebelum melaksanakan persembahyangan. Dengan alat rapid tes yang terbatas, maka pengecekan akan dilakukan secara acak.

 “Warga yang datang sebelum melakukan kegiatan persembahyangan di rapid dulu. Jadi kita tahu lebih dini keadaaan masyarakat di Buleleng. Harapannya tidak ada yang menjadi klaster COVID-19.”ujar Windra Lisrianto, Senin 1 februari 2021

Windra Lisrianto  menambahkan, selain melakukan rapid tes di Pura Jagatnata, TNI akan mengupayakan untuk dilakukan di tempat ibadah lain.

- Advertisement -

“Kegiatan ini didukung penuh dari pemda Buleleng. Harapnya jangan sampai yang beribadah disini terkonfirmasi. Jadi mudah-mudahan pura Jagatnatha bisa menjadi model pencegahan COVID-19 ,”imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Buleleng juga sebagai Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Buleleng, Gede Suyasa menekankan, untuk setiap kegiatan upacara maupun agama sepanjang  tidak menimbulkan keramaian akan tetap diizinkan.

“ini sesuai dengan surat edaran bupati, jumlah peserta yang mengikuti kegiatan upacara adat dan agama dibatasi. Kedepan  juga akan tetap dipantau oleh masing-masing tim satgas desa maupun di sargas kecamatan.” ujarnya.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts