Debu Vulkanik Gunung Raung Menyebar ke Buleleng

Sebaran abu vulkanik Gung Raung hingga ke sebagian Pulau Bali |Sumber : BMKG|

Singaraja, koranbuleleng.com | Debu vulkanik dampak dari aktivitas Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur menyebar hingga ke Buleleng.

- Advertisement -

Salah satu warga Desa Pengulon, Kecamatan Gerokgak, Putu Interen, mengatakan, rumahnya dipenuhi debu vulkanik sejak Senin 8 februari 2021 siang. Beberapa peralatan dan lantai rumahnya dipenuhi abu berwarna kehitaman.

“Warna debunya kehitaman sejak kemarin memenuhi rumah dan pekarangan,” ujarnya.

Sebelumnya, ia mengira debu tersebut berasal dari pembakaran batubara di PLTU Celukan Bawang. Namun setelah diamati, debu itu bagian abu vulkanik gunung Raung yang saat ini aktif. Debu itu juga sempat mengganggu penglihatannya saat mengendarai sepeda motor.

“Katanya debu itu abu vulkanis dari semburan Gunung Raung. Dan memang warna debunya kehitaman,” katanya

- Advertisement -

Semantara itu, Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Ida Bagus Suadnyana mengaku telah menerima laporan warga terkait debu vulkanik gunung Raung. Debu vulkanik menyebar di Desa Sumberklampok, Desa Pejarakan dan desa-desa yang berdekatan di wilayah Kecamatan Gerokgak.

Sejauh in, warga memang melaporkan gangguan penglihatan akibat terpapar debu vulkanik tersebut.

“Belum ada laporan gangguan kesehatan akibat terkena debu tersebut,” kata Suadnyana. Pihaknya mengimbau agar warga yang berada di radius jangkauan debu vulkanik gunung Raung untuk berhati-hati dengan melengkapi peralatan keamanan terutama pelindung mata dan masker saat beraktivitas di luar ruangan. “Masyarakat agar tetap berhati-hati,” pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts