More

    Undiksha Gulirkan PLP Luar Negeri Asah Kompetensi Mahasiswa

    Singaraja, koranbuleleng com | Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali melaksanakan program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Luar Negeri tahun 20Undiksha Gulirkan PLP Luar Negeri Asah Kompetensi Mahasiswa21. Program ini dimanfaatkan untuk mengasah dan meningkatkan kompetensi mahasiswa.

    Programnya bekerjasama dengan Tarlac Agricultural University (TAU) Filipina dan dilaksanakan secara virtual.

    Ketua Badan Kerjasama dan Kehumasan (BKK) Undiksha, Made Windu Antara Kesiman, S.T., M.Sc., Ph.D., menjelaskan PLP luar negeri menjadi salah satu program unggulan Universitas Pendidikan Ganesha yang sudah berjalan dari tahun 2017. Program yang dinaungi Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) ini bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di ASEAN. “Untuk tahun ini tetap berjalan, bekerja sama dengan Tarlac Agricultural University,” ungkap Windu.

    Program yang berlangsung dari 3 Mei sampai 28 Mei 2021 ini diikuti oleh 3 orang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, 2 orang mahasiswa Pendidikan Matematika, dan 2 orang mahasiswa Pendidikan Biologi.

    Peserta sebelumnya mengikuti seleksi administrasi, English Proficiency Test (EPT), wawancara Bahasa Inggris, ke-PLP-an dan psikologi. “Jadi ada beberapa tahapan yang harus diikuti mahasiswa untuk bisa mengikuti kegiatan ini. Pelakasanaan kegiatan semua virtual,” terangnya.

    Pada program ini, mahasiswa mengawali dengan observasi, kemudian dillanjutkan dengan mengajar terbimbing, mengajar mandiri, dan evaluasi. Tahapan program ini tidak berbeda dengan program yang berlangsung secara tatap muka. Selain itu, mahasiswa juga mengikuti webinar tentang pengajaran.

    Windu Kesiman menegaskan, pelaksanaan program ini tidak hanya sebagai bentuk kerja sama Undiksha dengan institusi luar negeri. Lebih dari itu, untuk mengasah skill mengajar mahasiswa, mengasah skill berbahasa Inggris, dan mahasiswa bisa mendapatkan wawasan serta pengalaman di kancah internasional. “Kami berharap melalui program ini terjadi peningkatan skill mahasiswa dalam mengajar dan dalam menggunakan bahasa Inggris akan tercapai. Berharap juga bahwa kegiatan akan mempererat hubungan kerja sama undiksha dengan mitra, dan kegiatan-kegiatan serupa akan banyak dilaksanakan di masa depan,” jelas pria yang aktif mengajar di Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha ini.

    Selain PLP, Undiksha juga menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri dalam kegiatan seminar, credit transfer, credit earning, dan sit-in bagi dosen dan mahasiswa. “Undiksha terus berupaya memperluas kerja sama dalam berbagai program yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan,” imbuhnya. |NP|

    Berita Terpopuler

    Related articles