UMKM Bali Mulai Bangkit di Tengah Pandemi COVID-19

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Ketua Dekranasda Bali, Ny Putri Suastini Koster melihat produk UMKM Bali |FOTO : I Putu Nova Anita Putra|

Denpasar, koranbuleleng.com |  Pada masa pandemi COVID-19, masyarakat pelaku UMKM Bali mulai bergeliat dan memmpengaruhi dampak ekonomi lainnya melalui pameran Industri Kerajinan Masyarakat (IKM) yang digelar dan dibina dari Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali.

- Advertisement -

Ketua Dekranasda Bali, Ny Putri Suastini Koster mengaku berupaya untuk mendukung perbaikan roda ekonomi dengan upaya pemanfaatan sekaligus penguasaan teknologi informasi dalam memasarkan hasil kerajinan UMKM Bali di tengah Pandemi COVID-19. Dekranasda Bali memanfaatkan aplikasi Balimall.id untuk menjual barang-barang kerajinan masyarakat Bali.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani merasa kagum atas geliat dan kebangkitan UMKM Bali ditengah Pandemi COVID-19. Puan sempat berkunjung ke Taman Budaya Art Center di lokasi pameran Industri Kerajinan Masyarakat (IKM) untuk memastikan bahwa produk UMKM mulai bergeliat, Kamis 27 Mei 2021.

Ny Putri Koster menyampaikan bahwa pameran Bali Bangkit adalah salah satu upaya memberikan peluang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan kerajinan tangannya secara langsung, dengan penyediaan tempat gratis oleh pemerintah. Pameran ini selain offline, para pelaku UMKM juga diperbolehkan untuk memasarkan kerajinannya melalui Balimall.id.

“Bali yang ditunjang sektor pariwisata mengalami keterpurukan setelah pandemi Covid-19 melanda dunia dan Bali khususnya. Namun sesuai konsep segitiga sama sisi yakni membangun dan menguatkan tiga pilar pendukung Bali, selain pariwisata ada UMKM dan pertanian diharapkan mampu membangkitkan masyarakat Bali. Saat ini, kita mulai menguatkan diri dengan mengambil langkah baru untuk menjadi karakter yang mandiri,” ujar Ny Putri Koster.

- Advertisement -

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan kagum dengan geliat UMKM Bali di Tengah Pandemi COVID-19. Dekranasda Bali dinilai telah berusaha maksimal agar masyarakat Bali tetap bisa bertahan di tengah Pandemi COVID-19. 

“Ini sebuah upaya yang bagus bagi masyarakat untuk tetap meningkatkan ekonomi di tengah Pandemi COVID-19,” ujar Puan.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts