Akses Vital, TNI AL Resmikan Jembatan Penghubung Desa Tejakula dan Desa Subaya

Singaraja, koranbuleleng.com | Jajaran TNI Angakatan Laut  meresmikan Jembatan penghubung antara Desa Tejakula, Buleleng dan Desa Subaya, Kabupaten Bangli diresmikan jajaran TNI Angkatan Laut (AL), Minggu 6 Juni 2021.

Jembatan yang diberi nama Bahari Mulia Abadi ini sebagai sarana vital untuk melancarkan kegiatan perekonomian antara dua desa tersebut. Warga di dua desa tersebut sering membawa hasil-hasil pertanian dan perkebunan melewati jembatan tersebut.

Aspotmar Kasal, Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto mengatakan, peresmian jembatan ini sebagai salah satu bentuk karyabakti dari jajaran TNI AL yang mempunyai fungsi dalam pembinaan potensi maritim.  Dalam menjalankan tugas, TNI AL harus bersinergi dengan pihak terkait, baik itu pemerintah daerah, masyarakat, instansi lain. Sehingga,  bisa mengatasi persoalan yang kini dihadapi masyarakat.

“Ini sudah menjadi kewajiban kami di TNI AL bersama dengan komponen lainnya untuk membina potensi maritim yang ada,” kata Dwi Purwanto.

Jembatan yang dibangun dengan panjang jembatan 15 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi dari sungai sekitar 3 meter. TNI berharap masyarakat di dua desa bisa menggunakan jembatan ini sebagai media penghubung antar desa, terutama untuk kepentingan ekonomi pedesaan.  

Sebelumnya jembatan penghubung dua Desa tersebut terbuat dari bamboo. Setiap musim hujan jembatan bamboo tersebut selalu hanyut terbawa banjir bandang.  Seringkali penduduk di sekitar jembatan tersbeut harus terisolir. Ada sekitar d 22 KK atau sekitar 75 orang jiwa di wilayah Desa Subaya yang sering terisolir apabila jembatan tersbeut amblas.

“Ini sebagai jiwa kebersamaan kami untuk bergotong royong di masa pandemi COVID-19” imbuhnya

Pada hari yang sama, TNI AL juga melaksanakan Bakti Sosial di Wantilan Desa Adat Buleleng, yang di hadiri Komandan Lanal Bali Kolonel Laut (P) Komang Teguh Ardana, dan juga Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana.

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana menyampaikan, upaya ini merupakan salah satu cara untuk membantu masyarakat. Diharapkan dengan bantuan sembako dari TNI AL bisa meringankan beban masyarakat utamanya di tengah pandemi COVID-19.

“Kegiatan ini harus bisa secara berkelanjutan, agar masyarakat bisa lebih dekat dengan TNI AL,” ucap Agus Suradnyana.. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts