Takbiran dan Shalat Idul Adha Dilakukan di Rumah

Singaraja, koranbuleleng.com | Pemerintah menginstruksikan daerah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali agar melaksanakan Shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

Peribadatan pada saat pemberlakuan PPKM Darurat ini,  juga berlaku pada gereja, pura, vihara dan klenteng, serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah yang dikelola masyarakat, pemerintah, maupun perusahaan. Peribadatan dilakukan di rumah masing-masing.

- Advertisement -

Tujuannya, mencegah dan memutus rantai penyebaran COVID-19 yang saat ini mengalami peningkatan dengan munculnya varian baru yang lebih berbahaya dan menular, serta untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menag Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Shalat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi di wilayah PPKM Darurat.

Sekda Buleleng Gede Suyasa mengatakan, sesuai dari surat edaran yang dikeluarkan pada awal juli 2021 lalu. Karena Bali menerapkan PPKM Darurat maka, ibadah akan dihentikan sementara termasuk malam Takbiran dan Shalat Idul Adha.

Sementara terkait teknis pelaksanaan kurban, pihaknya akan membahas skema pemotongan kurban bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Buleleng dengan mengacu pada SE menteri Agama.

- Advertisement -

“Sudah diajukan oleh MUI Buleleng dengan mengacu dari SE. Nanti akan dibahas, untuk memutuskan” ujar Suyasa, kamis 15 juli 2021

Sementara itu, ketua MUI Buleleng H Ali Mustafa menyampaikan, akan menerima apa yang diputuskan oleh pemerintah. Namun sebelum itu, pihaknya akan berkoordinasi ke Pemerintah daerah agar pelaksanaan Sholat Idul adha bisa dilaksanakan.  

Termasuk teknis pelaksanaan qurban selama diterapkan PPKM darurat, dimana kurban kali ini sesuai SE berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Ini masih dibahas, belum final. Mudah-mudahan sholat bisa di ijinkan. Tapi semua kita kembalikan ke pemerintah” katanya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts