Pramuka Harus Bergerak di Segala Situasi

Pramuka menggelar donor darah bersinergi dengan PMI Buleleng serangkaian peringatan HUT pramuka ke-60 |FOTO : Istimewa|

Singaraja, koranbuleleng.com | Gerakan Pramuka diminta untuk tetap aktif menjalankan misi sosial kemanusaiaan dalam segala situasi, seperti saat Pandemi COVID-19. Serangkaian HUT Pramuka ke-60, Kwartir Gerakan pramuka Kabupaten Buleleng menggelar sejumlah kegiatan sosial, kemanusiaan dan pelestarian lingkungan.

- Advertisement -

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Buleleng Drs. Gede Suyasa, M.P.d  mengatakan, gerakan pramuka di masa pandemi harus tetap bergerak, tetap eksis dalam segala situasi dan bersedia menjadi relawan dalam membantu daerahnya, bangsa dan negara.  “ini misinya kemanusiaan, Pramuka harus peduli apalagi saat Pandemi seperti sekarang, kita harus tetap aktif menjalankan kepedulian sosial, kata Suyasa usai lakukan tabor bunga di Taman Makam Pahlawan, Singaraja, Jumat 13 Agustsu 2021.

Ditambahkan oleh Gede Suyasa, bakti pramuka terhadap negeri di tengah pandemi ini berpartisipasi dalam membantu Satgas COVID-19 melakukan penyemprotan disinfektan ke isoter-isoter kabupaten, membantu distribusi bantuan sossialbagi warga tidak mampu yang terdampak.  “Dalam bidang lingkungan, menjaga agar lingkungan tetap lestari dengan melakukan penanaman pohon,” ucapnya.  

Peringatan Gerakan Hari Pramuka ke-60 juga diramaikan dengan kegiatan donor darah bersinergi dengan PMI Cabang Singaraja.

Peserta kegiatan donor darah ini berasal dari anggota pramuka dan masyarakat yang mau mendonorkan darahnya. “Kami sosialisasikan melalui kwartir ranting di kecamatan untuk menginformasikan ke masyarakat yang bersedia donor,”ucap Ketua Harian Gerakan Pramuka Cabang Buleleng, Made Tingkat.

- Advertisement -

Made Tingkat menjelaskan peserta donor diabatasi karena masih dalam kondisi pandemi agar tidak dapat menimbulkan kerumunan. Donor darah juga mengedepankan protokol kesehatan.  “Peserta kami batasi, kurang lebih sekitar 40 orang agar tidak menimbulkan kerumunan dan mematuhi prosedur anjuran pemerintah di situasi pandemi,” ujarnya.

Made Tingkat berharap kegiatan donor darah ini dapat membantu masyarakat yang memerlukan darah.

Sementara itu, Gusti Putu Suasmika asal Banjar salah satu pendonor mengungkapkan didonor darah ini bagus untuk mendukung kesehatan tubuh. Secara kemanusiaan, darah juga sangat dipentingkan oleh pasien untuk penyembuhan dan perawatan medis. “Saya dari tahun 2012 sudah 18 kali ikut donor darah.  Setelah donor darah badan saya terasa segar, sehat dan baik, meskipun diawalnya agak lemes dikit” ungkapnya. |R/Y|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts