Jegeg Bagus Bali Diminta Sosialisasikan Program Pemerintah

Denpasar, koranbuleleng.com | Grand final Jegeg Bali 2021 telah menobatkan Jegeg Karangasem Putu Ratih Padmarini Gantari Sari sebagai Jegeg Bali. Bagus Denpasar yakni I Gusti Ngurah Agung Gede Bramasta Ktana sebagai Bagus Bali 2021.

Selama ini, Jegeg Bagus Bali sebagai duta pariwisata dan budaya Bali. Namun Jegeg Bagus Bali tahun 2021 juga diminta untuk menyosialisasikan program-program Pemprov Bali terutama menyasar generasi milenial.

- Advertisement -

“Akan tetapi, seiring perkembangan waktu, saya harap Jegeg Bagus Bali beserta para finalis juga bisa mensosialisasikan program-program Pemprov Bali kepada masyarakat terutama pada generasi milenial,” sebut Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati saat Grand Final Pemilihan Jegeg Bagus tahun 2021 yang diselenggarakan secara hybrid (daring dan luring) dari gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Denpasar, Minggu 5 Desember 2021.

Pejabat yang akrab disapa Cok Ace menjelaskan bahwa saat ini Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Wayan Koster dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali telah menetapkan arah perekonomian Bali dengan disebut sebagai Ekonomi Kerthi. “Dalam konsep tersebut, Pemprov Bali akan mengembangkan berbagai pilar untuk menunjang perekonomian Bali yaitu Pertanian, Perikanan, Industri Kreatif, UKM/IKM dan yang terakhir adalah Pariwisata. Jadi saya harap semua peserta bisa memahami dan membagikan ke masyarakat terutama anak muda,” imbuhnya.

Tokoh Puri Ubud ini mengapresiasi  tema “Kalawaning Bhineka” dikarenakan konsep kebhinekaan atau keberagaman sudah menjadi falsafah hidup orang Indonesia. Ia berharap para finalis bisa menonjolkan kekayaan dan ciri khas masing-masing Kabupaten/Kota.

“Seperti pakaian khas Kabupaten Buleleng atau Kabupaten lainnya, tonjolkan hal tersebut. Jangan terjebak oleh trend yang sedang digandrungi akhir-akhir ini. Pergunakanlah pakaian yang telah anda miliki dengan bangga, karena itu adalah karakter kalian,” bebernya.

- Advertisement -

Sebelumnya Ketua Paguyuban Semeton Jegeg Bagus Bali, I Made Hariyoga, SS. MM, mengatakan bahwa acara pemilihan Jegeg Bagus Bali merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk memilih putra/putri terbaik Bali untuk mempromosikan Bali terutama di bidang pariwisata dan kebudayaan. “Ajang Jegeg Bagus sempat tertunda di tahun 2020 dikarenakan pandemi COVID-19, sehingga ajang terakhir kami lakukan pada tahun 2019,” jelasnya.

Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan SDM generasi muda di bidang pariwisata, juga sebagai ajang pembelajaran untuk menumbuhkan kreativitas, jiwa sportivitas serta wawasan para finalis.|NP|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts