Pemkab Buleleng Anggarkan Rp18,4 Miliar untuk Perbaikan Jalan

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buleleng memprioritaskan memperbaiki infrastruktur ruas jalan rusak di beberapa wilayah di Buleleng pada tahun 2022. Totalnya mencapai Rp18,4Miliar.

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Buleleng  I Putu Adiptha Ekaputra  mengatakan, program perbaikan akan dilakukan di Jalan Srikandi, Desa Sambangan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 5,1 miliar.

- Advertisement -

Nantinya, di jalan tersebut akan dilakukan pelebaran jalan serta dilakukan pembetonan di pinggir trotoar untuk memperkuat jalan. Disamping itu saluran airnya juga akan diperbaiki. Dinas PUTR merancang jalan tersebut selesai perbaikan selama 4 bulan.

“Kami sudah siapkan dokumennya. Februari akan lelang, dan Maret kemungkinan sudah ada pemenang tender dan bisa secepatnya dikerjakan” kata Adiptha, selasa 18 Januari 2021.

LokasiSumber DanaNilai
Desa SambanganDana Alokasi Khusus (DAK)Rp. 5,1 miliar
Pura Segara RupekAPBD dan bantuan BKK Provinsi Bali.  Rp  4,8 miliar
Pejarakan-Batuampar dan Pejarakan-PemandianDana Alokasi Khusus (DAK)Rp  6,3 miliar
Selat-Asah GoblegAPBD BulelengRp. 1 Miliar
Desa Anturan – Pura DalemAPBD BulelengRp. 1,2 Miliar
Sumber data :Dinas PUTR Buleleng

Perbaikan juga akan dilakukan ruas jalan di Pura Segara Rupek, Kecamatan Gerokgak melalui dana APBD dan bantuan BKK Provinsi Bali.

Untuk dana BKK Provinsi nanti akan digunakan untuk paving agar lebih awet, mudah perawatan dan ramah lingkungan dengan anggaran Rp 4,8 miliar. Jalan Pura Segara Rupek yang mencapai 15 kilometer, perbaikan akan dilakukan secara bertahap.

- Advertisement -

“Tahun ini baru akan terealisasi 6kilometer saja, sisanya akan dilakukan secara bertahap,” imbuhnya.

Perbaikan ruas jalan melalui DAK juga akan dilakukan juga di Kecamatan Gerokgak sepanjang jalan Pejarakan-Batuampar dan Pejarakan-Pemandian dengan panjang jalan 3,6 kilometer. Perbaikan jalan ini menggunakan anggaran sebesar Rp 6,3 miliar.

Sedangkan untuk dana APBD juga akan dilakukan perbaikan ruas jalan di perbatasan Selat-Asah Gobleg, dengan anggaran Rp. 1 Miliar. Perbaikan meliputi pemasangan beton  di beberapa titik bahu jalan. 

Selain itu, ruas jalan Anturan Pura Dalem, Desa Anturan juga akan di hotmix sepanjang 1,5 kilometer dengan anggaran Rp. 1,2 Miliar.

“Semua program kegiatan ini akan dilakukan pada triwulan pertama. Bulan Februari ini lelang.  Pekerjaan bisa dilaksanakan pada triwulan pertama ini,” pungkasnya. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts