Tattwa, Susila, dan Upakara Penting Dipahami Sejak Dini

Singaraja, koranbuleleng.com| KMHD Yowana Brahma Vidya (YBV)  Undiksha menggelar Lomba Cerdas Cermat Agama Hindu (LCC AH), Minggu 23 Januari 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 514 orang, Siswa SMP sebanyak 353 orang serta peserta SMA sebanyak 161 orang.

LCC sudah masuk dalam tahap Semifinal dan Final LCC AH. Sebelumnya pelaksanaan penyisihan telah dilangsungkan di masing-masing rayon yaitu pada 16 Januari 2022. Kategori dibagi dua yaitu LCC AH tingkat SMA/SMK se-Bali saat ini yang ke-13 dan tingkat SMP se-Bali yang ke-4 kalinya di tahun 2022. 

- Advertisement -

Ketua Panitia Penyelenggara, Ni Luh Ayu Suandewi mengungkapkan LCC memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan sekaligus menjadi ajang kompetisi bagi siswa/siswi SMP, SMA/SMK se-Bali tentang ajaran agama Hindu.  

Selain hal itu merupakan upaya dalam memberikan andil dalam meningkatkan intelektual generasi hindu melalui lomba cerdas cermat agama hindu se-Bali. 

LCC AH mengambil tema tentang pemahaman tattwa, susila, dan upakara untuk mewujudkan generasi muda hindu yang unggul dan berkualitas.

Menurut Ayu, generasi muda Hindu harus menjadi generasi yang unggul dan berkualitas yang dapat meningkatkan, mengasah kemampuan serta keterampilannya tentang agama hindu berdasarkan kerangka dasar agama hindu. 

- Advertisement -

“Kegiatan ini dilaksanakan menjadi tiga babak yaitu babak penyisihan yang telah dilalui Bersama, dilanjutkan dengan babak semifinal dan final yang dilaksanakan pada Minggu, 23 Januari 2022 diikuti” Ujarnya.

Sementara itu Ketua KMHD YBV, I Putu Dika Adi Suantara Ketua menekankan kegiatan ini untuk peningkatan tattwa, susila dan juga upakara. 

“Ketika itu sudah tercapai nanti tujuan kedepannya adalah bagaimana kita bisa mencetak generasi muda hindu yang unggul dan berkualitas” Jelasnya.

Kepala Bidang Pendidikan Agama hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Ida Ayu Putu Gede Darmayanti mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap agar kedepannya kegiatan ini tetap berlangsung secara berkelanjutan. 

“Kegiatan ini tentunya dapat memunculkan generasi muda hindu yang cerdas dan berkualitas. Saya juga memiliki harapan agar mereka bisa lebih memahami hindu dan bangga menjadi hindu” Pungkasnya.|WK|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts