Pemkab Buleleng Latih Poklahsar Olah Ikan Nila Bisa Lebih Bernilai Ekonomi

Singaraja, koranbuleleng.com | Sebanyak 10 Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) di Kabupaten Buleleng, diberikan pelatihan pengembangan usaha olahan ikan Nila, 24- 25 Januari 2022. Adapun aneka olahannya diantaranya adalah Samosa Ikan, Cheese Ball Ikan Wonton Ikan dan Rolade Ikan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Buleleng Buleleng, I Gede Putra Aryana mengatakan, pelatihan yang dilakukan bersinergi dengan Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Banyuwangi.

- Advertisement -

Pelatihan oleh BPPP Banyuwangi yang dilakukan secara daring itu menggandeng chef profesional dari hotel bintang 5 di Banyuwangi.

“Pelatihan ini merupakan salah satu upaya dalam mengembangkan kompetensi Poklahsar agar menu olahan ikan nila bisa memiliki kualitas yang mampu bersaing di pasaran” ujar Aryana

Dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan peningkatan produksi perikanan di Buleleng tidak hanya dari sektor tangkap dan budidaya air laut. Tetapi juga dapat diperoleh dari sektor perikanan budidaya air tawar dengan aneka bentuk pengolahannya.

Usai mengikuti pelatihan, para peserta dapat menerapkan langsung di lapangan teknologi pengolahan ikan nila sehingga dapat meningkatkan pendapatan bagi pengolah ikan.

- Advertisement -

“Pelatihan ini bukan saja untuk mengembangkan kompetensi Poklahsar. Peserta pelatihan bisa menularkan hasil dari latihan ini kepada anggota kelompok lainnya dan juga bisa dipasarkan secara online,” imbuh Aryana. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts