Siswa SD Dana Punia Borong Emas OSGN

Singaraja, koranbuleleng.com | Sederet siswa SD Dana Punia Singaraja kembali torehkan prestasinya. Kali ini di ajang Olimpiade Siswa Gemilang Nasional (OSGN) yang diselenggarakan oleh Yayasan Mediasi Dharana Lastariya. Tidak tanggung-tanggung sebanyak tujuh medali emas diborong oleh tujuh perwakilan yang dikirimkan pada ajang kompetisi tersebut.

Kompetisi yang diikuti oleh siswa Sekolah Dasar (SD) se-Indonesia ini dilaksanakan pada 7 Desember 2021 secara daring. Adapun kategori yang diperlombakan yakni kategori matematika, kategori bahasa inggris dan kategori IPA. Dimasing-masing kategori tersebut, siswa SD Dana Punia Singaraja memperoleh medali emas yang meliputi 4 medali emas pada kategori bahasa inggris, 2 medali emas pada kategori matematika dan 1 medali emas pada kategori IPA.

- Advertisement -

Kepala Sekolah SD Dana Punia Singaraja I Putu Ari Sudiada, S.Pd., M.Pd mengungkapkan bahwa kompetisi yang diikuti tersebut telah dilaksanakan pada bulan Desember 2021, akan tetapi proses seleksi sampai dengan penilaian dilaksanakan sampai dengan bulan Januari 2022. Sementara itu penyerahan medali dan piagam dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2022.

Ia mengaku bahwa telah menyiapkan siswanya untuk mengikuti perlombaan tersebut sedari bulan November untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan mengadakan pembinaan dan seleksi kepada 15 siswa selama dua minggu, hingga memperoleh 7 siswa yang layak untuk dikirim pada kompetisi tersebut.

Pembinaan yang diberikan kepada siswa itu berupa pembinaan khusus yaitu dengan memberikan pendalaman materi menggunakan buku-buku panduan yang diterbitkan oleh penerbit erlangga. Selain itu keberhasilan ini juga berkat dukungan dari pihak orang tua yang senantiasa memberikan support kepada sekolah untuk meningkatkan prestasi anak didik mereka.

“Sedari bulan November sebelum pelaksanaan lomba kami sudah melaksanakan pembinaan kepada 15 siswa, dari 15 siswa tersebut yang kami anggap mampu adalah 7 siswa yang memiliki kemampuan dibidangnya masing-masing” Jelasnya

- Advertisement -

Ia menambahkan bahwa saat ini pihak sekolah sedang menyiapkan sejumlah siswa untuk mengikuti kompetisi selanjutnya yakni Olimpiade Matematika di Undiksha. Pembinaan dilaksanakan di sekolah. Walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, pihak sekolah tetap antusias untuk mempersiapkan siswa didiknya dengan tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Kendati strategi yang dilakukan oleh SD Dana Punia Singaraja untuk meningkatkan prestasi siswa sudah berjalan baik, akan tetapi pihaknya tidak serta merta jumawa akan pencapaiannya tersebut. Melainkan tetap memerlukan inspirasi dari sekolah-sekolah lain di Singaraja.

“Kami hadirkan empat siswa yang kami anggap bagus di bidang matematika untuk mengikuti olimpiade matematika nanti di Undiksha. Kita hadirkan hari ini disekolah tapi dengan batasan protokol kesehatan” Imbuhnya.

Di lain sisi salah seorang peserta lomba yang memperoleh medali emas pada kompetisi tersebut yakni Komang Gita Fridayanti menyampaikan bahwa dirinya sangat antusias selama mengikuti perlombaan. Ia mengaku sangat senang ketika mengetahui bahwa dirinya memperoleh medali emas sehingga dapat membanggakan orang tua serta mengharumkan nama sekolah.

“Saya sangat senang ketika mendapatkan medali, karena bisa buat orang tua saya bahagia, sama bisa mengharumkan sekolah,” tutupnya. |WK|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts