Pemerintah Edukasi Pelaku UMKM Aman Kelola Medsos dari Kejahatan Hacker

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta, kembali menggelar Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) bagi pelaku UMKM di Buleleng, Kamis 24 Maret 2022.

Dalam pelatihan DEA kali ini di khususkan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku UMKM, dalam mengelola akun media sosial agar terhindar dari hacker maupun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Seperti diketahui, saati di Kabupaten Buleleng lebih dari 50 ribu usaha Usaha Kecil Menengah yang terdaftar. Dari 50 ribu UKM itu didominasi oleh sektor pedagang. Sedangkan untuk pelaku UMKM yang sudah menuju go digital, dengan memanfaatkan platform dan marketplace saat ini baru mencapai seribu lebih.

- Advertisement -

Dibalik kecanggihan teknologi saat ini, para pelaku UMKM yang sudah go digital itu pun diharapkan mampu mengelola akun, maupun usahanya agar terhindar dari  hacker maupun pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. “Ini penting sangat penting, karena di saat era digital ini semua UMKM sudah Go digital, kita harus siap dengan perangkat-perangkat yang mendukung secara digital pula. Namun, disisi lain kita juga harus jaga keamanannya dengan akun media sosial yang kita gunakan. Agar akun kita tidak di hacker oleh pihak yang berkepentingan untuk menyalahgunakan atau memanfaatkan peluang-peluang tersebut,”terang Kepala Dinas Kominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan.

Dalam pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Bali Taman, Desa Tukadmungga, Buleleng tersebut, diikuti oleh 60 orang perseta dari berbagai macam pelaku UMKM. Pelatihan tersebut merupakan pelatihan keenam yang dilaksanakan Dinas Kminfosanti Kabupaten Buleleng dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDMP) Kominfo Yogyakarta.

Suwarmawan menyebut, nantinya ketika ada platform atau marketplace milik pelaku UMKM yang terkena hacker. Pihaknya pun akan membantu mensosialisasi kepada masyarakat bahwa akun pelaku UMKM tersebut sudah dimasuki hacker.

“Nantinya kalau ada yang sudah ter hacker diharapkan langsung melaporkan ke pihak yang berwenang. Kita akan bantu juga agar akun itu tidak menjadi boomerang dan tidak di percaya. Jika di perlukan kita siap mendampingi,” kata dia. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts