Gelar Rakerda, APHB Komitmen Mengabdi untuk Bali

Denpasar, koranbuleleng.com| Untuk memajukan kreativitas, inovasi dan pengabdian generasi muda Hindu ke depan, Aliansi Pemuda Hindu Bali (APHB)  menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I periode 2021-2024 yang bertempat di gedung Shanti Graha, Denpasar, Sabtu 23 April 2022.

Dengan mengusung Visi  “APHB Harmonisasikan Karya Untuk Pulau Dewata” yang menyasar  generasi muda baik pada tataran sekolah, kampus, desa adat dan kabupaten/kota di Bali.

- Advertisement -

Ketua Panitia, Eka Sura Adnyana menyatakan kegiatan Rakerda I ini menyongsong konsep rapat kerja berbasis ekologi lingkungan, dengan mengaktualisasikan konsep dari Tri Hita Karana. Diawali dengan Prakerda yang dilaksanakan di alam Agro Learning Center, menyatu dengan alam sehingga memunculkan ide-ide program yang relevan bagi umat Hindu Bali.

Harmonisasi karya untuk Pulau Dewata menjadi visi bagi seluruh pengurus APHB-Se-Bali. Itu dijabarkan kedalam beberapa program unggulan diantaranya, APHB Sevanam, Diklat Nitipraya, Baskara Budaya, Diklat Jurnalistik Hindu, Dharmayatra, Dialog atau simakrama yowana Hindu.

Ketua PP APHB Wikan Pradnya Dana mengatakan program ini bertujuan untuk membangkitkan sewaka dharma generasi muda Hindu demi menguatkan jati diri sebagai umat Hindu atau proud to be Hindu”.

 “Bentuknya nanti bisa berupa sosialisasi, dharmatula, dan kegiatan-kegiatan lain yang kita sinergikan dengan masyarakat di desa, pemerintah, maupun swasta. Yang utamanya termasuk sekaa teruna yang menjadi garda terdepan menjaga seni, adat, budaya dan Hindu di Bali,”katanya dalam Rapat Kerja Daerah I Aliansi Pemuda Hindu Bali di Gedung Shanti Graha, Denpasar

- Advertisement -

Rakerda I APHB  Bali dirangkaikan dengan seminar kepemudaan. Dengan mendatangkan tokoh DPR RI Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M dan tokoh Pemuda Denpasar A.A Angga Harta Yana, S.Pd., yang merupakan Manggala Pasikian Yowana MDA Kota Denpasar. Dalam seminar itu menyorot tentang pergerakan pemuda dan arah pemuda Hindu kedepan .

Angga Harta Yana menyatakan APHB harus bersinergi dengan Pasikian Yowana di Kabupaten/kota bersama-sama berkolaborasi dan bergerak untuk tradisi, seni, adat, dan agama Hindu di Bali. Pekerjaan akan lebih mudah jika kita berkolaborasi dalam melaksanakan dharmaning agama dan dharmaning negara.

Anggota DPR RI Agung Rai Wirajaya kepada seluruh kader APHB se-Bali mendorong untuk  mencanangkan program-program yang relevan untuk umat Hindu dan NKRI. Dan moment yang menarik pada Seminar Kepemudaan tersebut Agung Rai Wirajaya menyatakan berkenan menjadi penasehat PP APHB. “Saya Siap  membantu pergerakan dan pengabdian APHB di Bali,”ucapnya.

Rakerda I yang dihadiri oleh seluruh kader APHB Se-Bali, dilaksanakan juga untuk sharing, konsolidasi dan sinergi program dengan pengurus APHB di tiap-tiap kabupaten/kota dan organ pemuda serta mahasiswa. Kegiatan tersebut selain didukung oleh I Gusti Agung Rai Wirajaya (DPR RI komisi IX), turut juga  oleh Mangku Pastika (DPD RI),  Prajaniti Bali, Pasikian Yowana Kota Denpasar, Agro Learning Center, dan Gujji Cafe. |K-RM|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts