Sosialiasasi Tahapan Pemilu, KPU Buleleng Sasar Pemilih Pemula

Singaraja, koranbuleleng.com │ Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng mulai melakukan sosialisasi tahapan pemilu dengan menyasar pemilih pemula.  Sebanyak 90 orang pelajar dari Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Singaraja mengikuti sosialisasi tersebut agar mereka memahami tahapan pemilu dan substansi tentang demokrasi.

Ketua Divisi Sosialisasi dan Partisipasi KPU Buleleng Gede Bandem Samudra menyatakan sosialisasi kepada pemilih pemula ini sangat penting untuk meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum.  Mereka adalah pemilih yang belum sarat pengalaman dalam mencoblos di dalam bilik sehingga sosialisasi ini dinilai penting.

- Advertisement -

Materi sosialisaisi meliputi pengenalan pemilu, tugas penyelenggara pemilu serta pelaksanaan pemungutan suara. KPU Buleleng juga menekankan agar mereka menjadi pemilih yang cerdas, menolak politik uang serta mengenali visi misi serta rekam jejak calon pemimpin.

“Apabila nanti telah memiliki hak pilih, agar menggunakan hak pilih tersebut dengan datang ke TPS. satu suara itu penting bagi masa depan bangsa dan negara.” tegasnya.

Bandem mengingatkan ketika masyarakat tidak menggunakan hak pilih, maka mereka tidak  berhak untuk melakukan protes jika ada program pemerintah tidak sesuai.

Sementara itu, salah seorang siswa SMA Negeri 2 Singaraja Kadek Bagas Laksana mengakui sosialisasi ini sangat penting sebagai pemilih pemula sehingga tidak salah langkah pada saat pencoblosan.

- Advertisement -

“Sosialisasi ini penting, jadi kita bisa tau arti penting pemilu,” singkatnya. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts