Disdikpora Buleleng Akan Bangun SMP Baru di Pejarakan

Singaraja, koranbuleleng.com| Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng, berencana akan membangun sekolah untuk tingkat menengah pertama di Kecamatan Gerokgak. SMP Negeri 2 Gerokgak yang berlokasi di Desa Pejarakan saat ini sudah melebihi kapasitas.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika mengatakan pembangunan SMP baru di Kecamatan Gerokgak, sangat diperlukan. Karena di Desa Pejarakan hanya ada satu SMP dan sudah melebihi kapasitas dengan 11 rombongan belajar (rombel). Dimana setiap kelas, diisi oleh 40 orang siswa. Jumlah tersebut melebihi dari jumlah Standar Nasional yang ditentukan yakni, 32 siswa per kelas.

- Advertisement -

“Sehingga di barat masih dibutuhkan unit sekolah baru tentunya dengan kajian teknis lainnya. Nanti difungsikan untuk SMP N 6 Gerokgak karena di SMP N 2 sudah over kapasitas,” ujarnya.

Saat ini, Disdikpora Buleleng masih melakukan koordinasi dengan Bidang Aset pada Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), terkait dengan pemanfaatan lahan milik Pemkab Buleleng yang bisa dijadikan lokasi pembangunan SMP baru.

Sebelum pembangunan sekolah baru terwujud lanjut Astika, pihaknya akan memaksimalkan keberadaan SMP Negeri 2 Gerokgak, sehingga siswa bisa tertampung walaupun dengan kondisi kelas gemuk.

“Mau tidak mau kami melakukan optimalisasi terhadap satuan pendidikan yang ada di Buleleng, daripada anaknya tidak sekolah dan melakukan posko DO. Sekolah swasta yang masih favorit sampai saat ini kan masih ada. Jadi tergantung masyarakat sendiri mintanya kemana dan pengelolaan sekolahnya seperti apa,” pungkasnya. |YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts