Tenaga Kesehatan Terima Vaksinasi Booster Kedua 

Singaraja, koranbuleleng.com|Sejumlah tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Buleleng  mulai mendapatkan injeksi vaksinasi dosis empat atau Booster ke dua Covid19, Jumat 5 Agustus 2022.

Pemberian vaksin booster kedua, ini dilakukan mengingat meningkatnya tren kasus Covid19 di Buleleng. Bahkan saat ini Bed Occupation Rate (BOR) di RSUD Buleleng, mencapai 80 persen.

- Advertisement -

Vaksinasi booster kedua tersebut dilaksanakan di halaman parkir Hemodialisa (HD) 2 RSUD Buleleng. Sama halnya dengan, vaksin pertama, kedua, maupun booster. Sebelum menerima vaksin, para nakes tersebut di cek terlebih dahulu kesehatannya oleh vaksinator.

Direktur Utama RSUD Kabupaten Buleleng dr. Arya Nugraha mengatakan, di RSUD Buleleng terdapat 1.300 orang lebih tenaga kesehatan (nakes), mulai dari dokter, koas dan tenaga magang. Setiap harinya akan ada 300 orang nakes yang mendapat vaksin booster kedua Covid-19 ini. Dengan kebutuhan tersebut, dia meyakini Dinas Kesehatan akan memenuhi kebutuhan tersebut.

Arya menyebut, dengan pemberian vaksinasi dosis empat ini bisa menguatkan antibodi para tenaga kesehatan di tengah lonjakan kasus covid-19. Memang saat ini, kasus covid-19 di Buleleng kembali melonjak. Saat ini ada 16 pasien terkonfirmasi positif dan 8 orang suspek Covid-19 yang di rawat di RSUD Buleleng. Artinya, dari 30 unit tempat tidur yang disiapkan saat ini sudah terisi 80 persen.

“Rencana selesainya empat sampai lima hari. Vaksin empat ini diberikan setengah dosis jenis moderna. Ini prioritasnya masih untuk institusi Kesehatan. Lihat trend lagi apakah sesuai dengan perkiraan Juli puncak dan Agustus mereda ke fase endemi. Jadi cakupan vaksinnya tidak diperluas. Kalau masih mewabah, booster diberikan ke komunitas lain kampus sekolah atau kantor pemerintahan,” ujarnya.

- Advertisement -

Lonjakan kasus Covid-19 ini, masyarakat diharapkan tetap menjalankan protokol kesehatan dan menjaga Kesehatan meski sudah vaksin kedua, ketiga atau booster. “Prokes jangan dilupakan. Presiden Joko Widodo sudah memberikan statement kedua, di luar ruangan tetap pakai masker. Penerapan 3M tetap harus disiplin,” kata dia.

Menurut data dari Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Buleleng, jumlah nakes di Buleleng yang akan diberikan vaksin dosis keempat sebanyak 4.143 orang. Sedangkan dropping vaksin untuk pemberian dosis keempat dari Pemprov Bali untuk nakes di Buleleng sebanyak 160 vial. Vaksin tersebut telah diterima Satgas Buleleng pada Kamis kemarin. Dimana untuk satu vial vaksin, dapat diberikan untuk 28 orang. Vaksin dosis keempat ini ditargetkan tuntas diberikan kepada nakes hingga 11 Agustus mendatang.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts