Pemerintah Butuh Rp 4 Miliar Bebaskan Lahan untuk Akses Jalan Pembangunan Stadion

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemerintah Kabupaten Buleleng akan menyiapkan anggaran sebesar Rp4 Miliar untuk mewujudkan pembangunan stadion sepak bola di wilayah Kelurahan Banyuasri, Buleleng. Anggaran itu rencananya akan dimanfaatkan untuk pembebasan lahan sebagai akses jalan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa menjelaskan, lahan yang akan dibebaskan untuk akses jalan itu milik seorang warga seluas 6 are. Dana sebesar Rp4 Miliar yang dibutuhkan sudah sesuai dengan penilaian yang dilakukan Tim Appraisal.

- Advertisement -

Menurut Suyasa, pelaksanaan pembebasan lahan itu pun akan dilakukan bertahap. Dimana dalam APBD induk Kabupaten Buleleng tahun 2022 disiapkan dana sebesar Rp1,2 Miliar, sementara sisanya sebesar Rp2,8 akan disiapkan pada APBD induk tahun anggaran 2023 mendatang.

“Kami masih melakukan pendekatan dengan pemilik lahan, agar pembayarannya secara bertahap ini dapat disetujui. Kalau bersedia, pelepasan hak bisa segera dilakukan”Kata Suyasa, jumat 26 Agustus 2022

Sementara untuk pembangunan utama stadion akan memanfaatkan lahan seluas 1,9 Hektar yang berlokasi di Jalan teratai, Kelurahan Banyuasri, Buleleng. Suyasa menyebut jika pembangunan sarana olahraga khususnya stadion sepak bola ini dinilai penting.

Sebab lapangan sepak bola yang ada kini telah beralih menjadi lapangan kota. Seperti di GOR Bhuana Patra yang saat ini sering dijadikan sebagai tempat latihan cabang olahraga lain. Nantinya selain stadion sepak bola ini, juga akan dilengkapi sarana publik lainnya, seperti lintasan untuk lari atau jogging track.

- Advertisement -

“Desainnya memang belum ada, tapi yang jelas lahan itu untuk sarana olahraga,” pungkas Suyasa. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts