Buleleng Kumpulkan 1.750 Bendera Merah Putih dalam Gerakan 10 Juta Bendera  

Singaraja, koranbuleleng.com│ Pemerintah Kabupaten Buleleng berhasil menyumbangkan 1.750 bendera dalam gerakan nasional 10 juta bendera merah putih, saat bulan kemerdekaan , Agustus 2022 lalu. Atas dukungan itu, Pemkab Buleleng juga diberikan penghargaan oleh Menteri Dalam Negeri karena telah berkontribusi besar dalam gerakan nasional itu.

Gerakan 10 juta bendera merah putih ini juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Senin 5 September 2022.   Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian dan diikuti oleh seluruh pejabat pemerintahd aerah se-Indonesia secara daring.

- Advertisement -

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Buleleng, Komang Kappa Tri Aryandono mengatakan, total bendera merah putih yang berhasil terkumpul di seluruh Indonesia mencapai 12 juta. Dan ini melebihi target 10 juta bendera merah putih. Khusus untuk Buleleng, total ada sebanyak 1750 bendera merah putih yang berhasil terkumpul sejak 1 Agustus 2022 hingga akhir Agustus 2022.

1.360 diantaranya adalah bendera yang berukuran besar yang adalah sumbangan OPD maupun BUMD di Buleleng, sedangkan berukuran kecil terdapat 390.

“Kami sebar di beberapa tempat fasilitas umum. Kalau kantor wajib masing-masing OPD maupun BUMD. Kami sudah sebar bendera semua di 9 Kecamatan yang ada. Bendera kecil kami sebar di setiap kendaraan,” kata Kappa.

Dengan ada partisipasi masyarakat dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI kemarin, sejauh ini penanaman nilai kebangsaan untuk masyarakat Buleleng sangat baik dan menjunjung toleransi antar umat beragama. Hanya saja, Kappa tetap akan mengantisipasi adanya konflik terutama menyambut tahun politik 2024 nanti.

- Advertisement -

“Nanti saat menyambut tahun politik, kami akan membuat program di tahun 2023 tentang nilai-nilai kebangsaan dan toleransi antar umat beragama, sehingga terjalin keselarasan dan Buleleng tetap aman.” kata Kappa. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts