Doa, Kerja Keras dan Ikatan Persaudaran Kunci Kemenangan Tim Woodball Buleleng

Denpasar, koranbuleleng.com| Mendung menggelayut tanpa hujan di langit Desa Tibubeneng, Badung. Cuaca pun terasa gerah di sekeliling Lapangan Umum Tibubeneng.  Siang itu, Jumat 25 Nopember 2022, masing berlangsung pertandingan Woodball memperebutkan kepingan emas antara Buleleng dan Denpasar, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Bali XV.

Siang itu adalah hari menegangkan bagi Danang Rizky Deyanto Putra dan I Komang Kalvin Jayadilaga. Mereka tim beregu Fairway Putra, Kontingen Indonesia Woodball Federation (IWbF) Buleleng yang sedang berlaga. Bukan saja mereka berdua yang merasakan ketegangan itu, tetapi bagi banyak olahragawan Woodball Bali yang melihat pertandingan itu juga tampak tegang. Kekuatan dan strategi Buleleng dan Denpasar imbang.

- Advertisement -

Doa-doa terpanjat dari kedua kubu. Jelas, ada yang menengadahkan tangan, mengepalkan tangan dengan bibir membisikkan doa yang terbaik. Tentu, doa itu adalah doa untuk menang. Bayangkan, hasil terus berlangsung draw. Hingga harus diputuskan Coin Toast, untuk memutuskan pemenang.

Coint Toast seakan menjadi tradisi dalam olahraga Woodball, karena berkali-kali hasil imbang sehingga harus dilakukan dengan mengundi gambar. Disini, coint toast terkadang menjadi keberuntungan untuk merebut emas, walaupun pada dasarnya pemain woodball telah habis-habisan beradu strategi di lapangan.  

Namun, Coint Toast kali ini, antara Buleleng dan Denpasar menjadi bukti, kebenaran berpihak pada tim Buleleng. Saat memilih gambar, dan coin terlempar, gambar yang dipilih oleh Kontingen Buleleng muncul sehingga mampu menjadi pemenang. Semua bersorak sorai, berpelukan dan menangis. Buleleng berhasil merebut emas penentu kemenangan di kategori beregu Fairway Putra.

Tim Woodball Buleleng

Total emas yang disumbangkan IWbF Buleleng dalam Porprov Bali XV sebanyak 7 emas, dan 2 perunggu.

- Advertisement -

Pada ajang Porprov Bali XV, Diperlombakan 14 kategori. Diantaranya, Single Stroke Putra, Single Stroke Putri, Beregu Stroke Putra, Beregu Stroke Putri, Ganda Stroke Putra, Ganda Stroke Putri, Double Stroke Campuran, Beregu Fairway Putra, Beregu Fairway Putri, Ganda Fairway Campuran, Single Fairway Putra, Single Fairway Putri, Ganda Fairway Putra, Ganda Fairway Putri.

Buleleng berhasil meraih 7 medali emas di kategori Single Stroke Putri, Beregu Stroke Putra, Beregu Stroke Putri, Ganda Stroke Putra, Ganda Stroke Putri, Beregu Fairway Putra, Ganda Fairway Campuran.  Sementara dua perunggu draih dari kategori Ganda Fairway Putra dan Single Stroke Putra. Dari total perolehan medali itu, Buleleng dikukuhkan sebagai juara umum.

Dibalik kesuksesan tim Woodball Buleleng meraih juara umum pada Porprov Bali XV, ada ikatan keluarga yang sangat erat diantara mereka. Sehingga persatuan, persaudaran sangat kental dan ini sangat berpengaruh pada soliditas tim.

Ketua Harian Indonesia Woodball Association (IWbA), Wayan Diana mengatakan atlet Woodball Buleleng selalu dilatih dan ditempa dalam berbagai kondisi yang penuh dengan rasa kekeluargaan.

“Saya keras ketika harus keras. Saya juga ajarkan kepada anak-anak bahwa di Woodball ini adalah persaudaran, yang selalu menjunjung kebersamaan. Saya juga arahkan agar anak-anak tetap berdoa dalam setiap kesempatan, saya percaya itu,” kata Diana ketika berbincang santai di lapangan umum Tibubeneng.

Diana juga yang melatih tim woodball Buleleng. Dia ulet mencari bibit-bibit atlet Woodball di Buleleng. Namun, pandemi Covid19 yang merontokkan sendi kehidupan juga berpengaruh besar pada regenerasi atlet Woodball Buleleng.

Kini, Diana bertekad untuk mencari bibit atlet Woodball. “PAndemi itu membuat kita kehilangan atlet, sekolah tidak berjalan, olahraga dulu dilarang. Kini kita harus memulai lagi,” tuturnya.

Buleleng di puncak podium

Kesetaraan yang dijunjung Wayan Diana menjadikan kekuatan Tangguh tim Woodball Buleleng.

Ketua Umum KONI Buleleng, I Ketut Wiratmaja mengapresiasi prestasi tim Woodball Buleleng. Kerja keras dan ketahanan fisik dari atlet Woodball Buleleng dalam kondisi paling baik.

“Saya mengapresiasi kerja keras tim Woodball Buleleng dan juga seluruh atlet dan ofisial dari Kontingen Buleleng yang telah berjuang mengharumkan Buleleng.” terangnya. |Kadek Yoga Sariada|  

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts