Lasmawan Peroleh Suara Terbanyak

Singaraja, koranbuleleng.com │ Senat Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja menggelar penyaringan bakal calon rektor, Kamis 15 Desember 2022.  

Hasilnya, Prof. Dr. I Wayan Lasmawan berhasil memperoleh suara terbanyak. Pria yang saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor II Undiksha itu memperoleh 27 jumlah suara. Selanjutnya disusul oleh Dr Drs I Ketut Sudiana yang saat ini menjabat sebagai Ketua LPPM Undiksha, dengan perolehan suara 6.

- Advertisement -

Kemudian Dr. I Wayan Artanayasa yang saat ini menjabat sebagai Wakil Dekan II Fakultas Olahraga dan Kesehatan Undiksha, dengan perolehan suara 5. Dan terakhir adalah Prof I Nengah Suparta yang saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Undiksha, dengan perolehan 1 suara.

Ketua Senat Undiksha Prof I Nyoman Sudiana mengatakan, penyaringan dilakukan dengan pemungutan suara yang dilakukan oleh 39 anggota Senat.

Sebelum pemungutan suara empat, bakal calon rektor juga terlebih dahulu melakukan penyampaian program, visi dan misi, serta penajaman wawasan yang dilakukan oleh wakil pimpinan, wakil guru besar, wakil mahasiswa, wakil dosen dan wakil kepegawaian.

“Hasilnya akan dikirim ke Kementerian untuk dievaluasi dan validasi lagi. Setelah persyaratan terpenuhi, baru akan dilaksanakan pemilihan Rektor sekaligus penetapan. Pemilihan Rektor juga menggunakan pemungutan suara dari senat sebanyak 65 persen, serta dari Kementerian 35 persen,” jelasnya.

- Advertisement -

Nantinya, tiga calon rektor yang telah lolos itu akan menjalani tes wawancara terlebih dahulu bersama Kemendikbud Ristek. Wawancara dilakukan agar pihak kementerian dapat mengetahui lebih dalam kemampuan dari tiga calon Rektor tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan Rektor, Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si., mengakan, rentang waktu pemilihan rektor dijadwalkan antara 16-27 Januari 2023.

“Kalau deadline nya sebenarnya 12 hari sebelum pengangkatan Rektor. Namun kami sudah mendahului, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” singkatnya. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts