40 Desa Telah Buat Perdes Rabies

Singaraja, koranbuleleng.com │ Dari 148 Desa/Kelurahan yang ada di Buleleng, 40 Desa dinyatakan telah membuat Peraturan Desa (Perdes) serta Perarem tentang rabies.

Peraturan tersebut dibuat untuk mendisiplinkan masyarakat dalam memelihara anjing maupun hewan peliharaan lainnya, mengacu pada Perda Rabies milik Pemprov Bali.

- Advertisement -

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng memberi batas waktu untuk segera mengatasi penyakit mematikan itu maksimal selama tiga bulan kedepan. Pemerintah Buleleng juga meminta seluruh desa untuk segera membuat Peraturan Desa (Perdes) serta Perarem tentang rabies paling lambat akhir Februari 2023.

Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Buleleng Nyoman Agus Jaya Sumpena mengatakan, kewenangan terkait penanganan rabies bukan tanggungjawab PMD.

Namun, pihaknya yang menaungi 148 Desa/Kelurahan terus mendorong agar bagaimana Perbekel segera menyusun Perdes tentang penanganan rabies. Hal tersebut guna mencegah terjadinya kembali kasus yang sama dengan jumlah lebih banyak.

“Desa untuk segera menyusun Perdes tentang penanganan rabies supaya kasus yang sama tidak terjadi lagi atau bertambah banyak. Berkaitan dengan draf Perdes juga sudah kita berikan” kata Sumpena

- Advertisement -

Sampai saat ini, berdasarkan catatan dari dinas PMD sudah ada sekitar 40 desa yang telah membuat Perdes tentang rabies. Pihaknya pun mendorong agar desa lain segera mengikuti.

“Yang belum membuat mereka (Desa) sudah terus berkonsultasi dengan kita. Dalam prosesnya sangat bergantung pada Perbekel dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam musyawarah desa” imbuhan Sumpena

Selain membuat Perdes dan Perarem, masing-masing desa juga diminta untuk membentuk Tim Siaga Rabies. Satgas ini akan melibatkan pemuda yang ada di desa. Tim ini nantinya akan bertugas untuk mendata jumlah anjing yang ada di wilayahnya masing-masing, membantu Distan Buleleng dalam melaksanakan vaksinasi, serta melapor setiap adanya kejadian gigitan anjing. │ET│

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts