Buleleng Fokus Pembangunan SDM hingga Infrastruktur

Singaraja, koranbuleleng.com| Pemkab Buleleng merancang pembangunan tahun 2024, akan difokuskan pada sektor Sumber Daya Manusia (SDM), Kesejahteraan Sosial, Kesehatan, Pertanian, UMKM, serta Infrastruktur. Rancangan tersebut, muncul pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Buleleng yang digelar di gedung Mr. I Gusti Ketut Pudja, Rabu, 29 Maret 2023.

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengatakan, pada Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 akan difokuskan dalam pembangunan infrastruktur. Dimana pembangunan tersebut, nantinya akan digunakan sebagai penunjang perekonomian di Buleleng.

- Advertisement -

Selain itu, kata Lihadnyana dalam RKPD 2024 program prioritas juga ditujukan pada Sumber Daya Manusia (SDM), Kesejahteraan Sosial, Kesehatan, Pertanian, UMKM, serta Infrastruktur. Untuk mewujudkan hal itu, dalam bidang kesehatan pihaknya akan melakukan pemutakhiran pengelolaan data sehingga program tersebut tepat sasaran. Sementara dalam infrastruktur digunakan sebagai aksesibilitas untuk mendukung pergerakan roda perekonomian pada bidang pertanian dan UMKM di Kabupaten Buleleng.

“Infrastruktur itu yang dijadikan pendukung distribusi pertanian dan UMKM yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Buleleng. Menjalankan program ini harus bersama tidak bisa tersendiri, sehingga tidak parsial pelaksanaannya,” ujarnya.

Musrenbang ini, sudah dimulai dari Forum Konsultasi Publik pada bulan Februari, kemudian Musrenbang RKPD di Kecamatan, kemudian berlanjut pada kegiatan Forum Perangkat Daerah dan kemudian dilanjutkan pada Musrenbang Kabupaten Buleleng Tahun 2024.

Dimana dari 9 kecamatan, terdapat usulan pembangunan sebanyak 386 usulan. Dari usulan tersebut, akan ada satu usulan digunakan sebagai program prioritas di setiap desanya.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts