Baru 8 Hari Bebas, Residivis Kembali Curi Emas Tetangga

Singaraja, koranbuleleng.com| Baru menghirup udara bebas selama delapan hari, seorang pemuda bernama Dewa Putu Asrawan alias Detu, 25 tahun, kembali harus mendekam dibalik jeruji besi. Pemuda asal Banjar Dinas Abasan, Desa Panji Anom, Kecamatan Sukasada, Buleleng, kembali ditangkap karena mencuri perhiasan milik tetangganya.

Kanit Reskrim Polsek Sukasada Iptu Robin Yohana mengatakan, penangkapan Detu bermula dari laporan Nyoman Gelis, 59 tahun, yang melaporkan telah kehilangan sejumlah perhiasan emas, pada 7 April 2023. Pihaknya pun, kemudian melakukan penyelidikan di lokasi.

- Advertisement -

Dari penyelidikan dan permintaan keterangan saksi, polisi menemukan pencurian itu dilakukan oleh Detu. Tersangka pun, kemudian ditangkap di rumah pamannya di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, pada 10 April 2023.

Yohana menyebut, dari pengakuan tersangka, melakukan aksinya dengan masuk ke rumah melalui jendela. Dimana saat itu, rumah korban keadaan kosong. “Modus tersangka masuk lewat jendela rumah korban. Tersangka mengambil 3 kalung emas, 1 gelang, dan 1 kalung, dengan kerugian 18 juta. Barang curiannya belum sempat dijual tersangka,” ujarnya dalam Konferensi Pers di Polres Buleleng, Kamis 13 April 2023.

Kata Yohana, aksi pencurian ini sudah yang ke empat kali dilakukan tersangka. Dimana sebelumnya, tersangka juga sempat mendekam sebanyak tiga kali karena kasus pencuri. Bahkan, pencurian emas ini dilakukan setelah tersangka baru 8 hari keluar dari penjara.

“Tersangka merupakan residivis. Tersangka baru 8 hari lalu keluar dari penjara, sebelumnya ditangkap karena melakukan pencurian sepeda motor di wilayah Seririt,” kata dia.

- Advertisement -

Akibat perbuatannya, tersangka Detu dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 ke 5 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

Sementara, Detu mengaku melakukan aksinya saat melintas di depan rumah korban. Dia juga mengaku, belum sempat menjual barang curiannya. “Tidak sempat melakukan pemantauan, kebetulan lewat rumahnya kosong. Emas saja yang diambil, semua yang ada di lemari. Belum sempat dijual, sudah duluan ditangkap,” katanya.|YS|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts