Setelah Dilantik, Lasmawan Ambisi Wujudkan Science Techno Park

Singaraja, koranbuleleng.com | Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M,Pd., resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) periode 2023-2027 oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) Ir. Suharti, M.A., Ph.D di Jakarta, Kamis 13 April 2023.  Dalam agenda itu juga terjadi serah terima jabatan dari Rektor lama, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd.

Setelah dilantik, Lasmawan berambisi untuk mengembangkan Science Techno Park (STP)di Undiksha. STP merupakan kawasan terpadu yang menggabungkan dunia industri, perguruan tinggi, pusat riset dan pelatihan, kewirausahaan, perbankan, pemerintah pusat dan daerah, dalam satu lokasi yang memungkinkan aliran informasi dan teknologi lebih efektif dan efisien.

- Advertisement -

Taman Sains dan Teknologi memiliki tiga fungsi utama dalam pengembangan IPTEK dan inovasi, antara lain penyedia pengetahuan teknologi terkini kepada masyarakat, penyedia solusi-solusi teknologi yang tidak terselesaikan di techno park, dan sebagai pusat pengembangan aplikasi teknologi lanjut bagi perekonomian lokal. Jika terlaksana, pengembangan STP merupakan yang pertama di Bali.

“STP kita rencanakan di kampus Jinengdalem. Proposal dan master plannya sudah selesai dan tinggal ke depan kita mantapkan kerjasama dengan Pemda, masyarakat, industri itu betul-betul terjadi, ”kata Lasmawan.

STP itu juga senada dengan visi untuk kemajuan Undiksha ke depan. Yakni, Mewujudkan Undiksha sebagai International Reputable University in Education and Leadership (IRUEL). Visi ini adalah melanjutkan kepemimpinannya di periode 2019-2023. IRUEL diharapkan dapat terwujud melalui program kerjasama yang betul-betul merujuk pada QS 100 ranking dunia.

“Tentu ini yang harus bisa saya wujudkan dalam waktu 4 tahun ke depan,” ungkapnya.

- Advertisement -

Selain itu, program strategis yang dirancang untuk mewujudkan visi tersebut adalah menjadikan Undiksha yang kini sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) ke PTN Berbadan Hukum (BH). Selain penguatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Lasmawan mengaku akan melakukan peningkatan ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi maupun secara khusus melakukan pembenahan serta penguatan sarana prasarana pembelajaran sebagai tanggung jawab Undiksha kepada masyarakat.

“Di Undiksha kebersamaan sudah berjalan sangat baik. Saya berharap ini dapat terus dipertahankan dalam rangka mewujudkan Undiksha semakin unggul dan berdaya saing,” pungkasnya.

I Wayan Lasmawan dilantik sebagai rektor setelah terpilih oleh Senat Undiksha dan kuasa dari Mendikbud Ristek 11 Januari 2023 lalu. Pada kontestasi Pilrek ini, Lasmawan memperoleh suara penuh, yaitu sebanyak 58 suara. Kala itu, ia maju sebagai calon rektor bersama Dr. I Wayan Artanayasa, M.Pd, dan Prof. Dr. I Ketut Sudiana, M.Kes. |ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts