Dishub Buleleng Rancang Kartu Tapping Parkir Elektronik

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Buleleng masih terus melaksanakan kegiatan monitoring pelayanan petugas E-Parkir tepatnya di Jalan Durian Pasar Anyar Singaraja. Sejumlah penyempurnaan layanan akan dilakukan untuk menambah pendapatan aslidaerah dari retribusi parkir.

Untuk mempermudah, Dishub Buleleng berencana menerbitkan kartu tapping parkir elektronik. Warga bisa membeli kartu denga nisi poin di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali.

- Advertisement -

“Saat ini masih berkoordinasi dengan BPKPD Kabupaten Buleleng. Nanti harganya mulai dari dua puluh limaribu rupiah dengan isi 25 poin,” terang Kadishub Buleleng, Gede Gunawan.

Gunawan berharap, dengan efektivitas manajemen pelayanan parkir ini diharapkan dapat meminimalisir adanya kebocoran dan memacu transparansi sehingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa meningkat. 

“Jadi secara otomatis memberikan kesadaran kepada masyarakat agar beralih ke transaksi non tunai,” terang dia.

Sejauh ini, Dishub Buleleng telah menyebarkan petugas operator dari tenaga kontrak untuk mengoperasikan serta mengakses komputer parkir elektronik.

- Advertisement -

Jumlah operator ini terdiri dari 24 orang yang dibagi menjadi 4 shift. Setiap shift berjumlah 6 orang.

Dari sisi penggunaan perangkat, kertas print untuk pencetakan transaksi parkir belum tersedia.  Karena kertas belum ada, terdapat alternatif lain dengan menekan tombol”silahkan masuk”. 

Pada saat akan memasuki area Pasar Anyar dan saat akan keluar pasar nomer plat kendaraan akan diproses dalam sistem komputer melalui hasil perekaman video. Selanjutnya dilakukan transaksi.|ET|

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts