5 Ribu Personil Satlinmas Bantu Pengamanan Pemilu

Singaraja, koranbuleleng.com | Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Buleleng menyiagakan 5 ribu orang personil Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) untuk membantu pengamanan ketertiban masyarakat jelang Pemilu 2024.

Satpol PP Kabupaten Buleleng selaku perangkat daerah yang bertanggung jawab membina Satlinmas, saaat ini mengadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) Satlinmas di seluruh Kabupaten Buleleng.

- Advertisement -

Kepala Satpol PP Buleleng I Gede Arya Suardana mengatakan, diklat Satlinmas yang ada di Kabupaten Buleleng, mulai menyasar 3 kecamatan di Buleleng. Diklat yang diberikan bekerjasama dengan kepolisian dan TNI.

Satlinmas dibekali dengan pengetahuan dasar terkait regulasi yang perlu dipedomani oleh mereka saat bertugas. Selain itu, struktural komandan regu (danru) dan keanggotaan juga dimasukkan ke dalam materi diklat.

Materi lainnya, TNI memberikan latihan fisik  dari kepolisian memberikan materi terkait hubungan dan pembinaan masyarakat.

“Kompetensi dari setiap anggota juga perlu agar dapat memberikan kinerja pengamanan yang maksimal” kata Suardana

- Advertisement -

Berdasarkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buleleng, terdapat dua ribu lebih tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Buleleng. Sedangkan jumlah anggota Satlinmas di Kabupaten Buleleng berjumlah 5 ribu lebih. Sehingga di setiap TPS akan dijaga dua anggota Satlinmas.

Jumlah anggota Satlinmas di Kabupaten Buleleng sejatinya sudah cukup. Namun, penyebarannya tidak merata pada setiap desa dan kelurahan. Tercatat masih ada sejumlah desa yang kekurangan anggota Satlinmas. Untuk itu, pihaknya mengarahkan agar pihak desa dan kecamatan untuk mengadakan rekrutmen terbuka.

“Tidak menutup kemungkinan untuk merekrut anggota lagi, karena jumlah anggota minimal harus dua kali lebih banyak dari jumlah TPS,” ujar dia. ꟾETꟾ

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts