Kepala Staf  Kepresidenan Serap Aspirasi Rencana Bandara Bali Utara

Singaraja, koranbuleleng.com | Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyerap aspirasi masyarakat Bali terkait isu pembangunan Bandara Bali Utara. Dia sempat berkunjung ke Kantor PT Bibu Panji Sakti, di Desa Kubutambahan, Rabu 27 Juli 2023.

Dalam kunjungannya itu, Moeldoko menyebut jika pembangunan Bandara Internasional di Bali Utara akan berdampak besar pada pemerataan dan pertumbuhan ekonomi di pulau Bali. Saat ini, perekonomian di Bali hanya pesat terjadi di Bali selatan saja.

- Advertisement -

Tentu pernyataan Moeldoko ini sangat berbeda dengan penolakan dari Megawati Soekarno Putri yang tidak setuju dengan pembangunan bandara di Bali utara karena hanya akan menguntungkan investor semata dan mengesampingkan orang lokaldi Bali. Megawati pernah melemparkan ketidaksetujuannya dengan rencana Pembangunan bandara di Buleleng.  

” Kita tidak bisa melihat perekonomian Bali hanya dari Kabupaten Badung saja. Tetapi juga harus di Kabupaten Buleleng dan lainnya. Keberadaan bandara itu

Akan ciptakan lapangan kerja yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan sekitar,” ungkap Moeldoko, saat kunjungan ke Kantor PT Bibu Panji Sakti di Buleleng, Rabu 27 Juli 2023.

Dia juga menegaskan tidak ada alasan menunda bandara yang rencananya dibangun diatas pantai di wilayah Kubutmbahan.

- Advertisement -

Moeldoko mengklaim pembangunan Bandara Bali Utara sudah melalui kajian yang mendalam dan dianggap sebagai bentuk efisiensi. 

“Dengan mobilitas yang semakin cepat, pembangunan bandara di daerah tersebut dianggap sebagai bentuk efisiensi yang akan membawa manfaat bagi masyarakat,” ungkapnya

Walaupun begitu, Moeldoko juga tidak mampu memastikan rencana pembangunan Bandara Bali Utara masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Namun, pembangunan bandara ini bisa menjadi bagian dari program pembangunan jangka panjang oleh pemerintah.

Moeldoko kembali menegaskan, sebagai kepala staf Kepresidenan, tugasnya hanyalah untuk menyampaikan masukan dari masyarakat. Dia tidak bisa memutuskan apa yang menjadi kehendak masyarakat Buleleng. Namun demikian semua masukan yang disampaikan saat kunjunganya ke PT Bibu akan segera disampaikan Presiden Jokowi. 

“Keputusan akhir tetap menjadi kewenangan Presiden. Namun apa yang disampaikan tokoh masyarakat, perbekel Kubutambahan, tokoh adat, tokoh agama dan juga akademisi akan segera disampaikan ke Presiden,” tegas Moeldoko.

Sementara, Direktur PT BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko mengaku optimis jika pemerintah pusat akan membangun Bandara Bali utara di Kubutmbahan.

Selain mengatasi ketimpangan ekonomi antara Bali Utara dan Bali Selatan, pembangunan Bandara Bali Utara bukan proyek mendadak. 

“Kami optimis setiap hari. Pilihannya hanya satu, harus jadi. Ini kebutuhan, bukan keinginan kami. Dan kami juga yakin Presiden mendengarkan aspresiasi masrakat Kubutmbahan. Apalagi respon pak Moeldoko sangat positif” pungkasnya.(*)

Pewarta : Edy Nurdiantoro 

  •  

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts