Kiat Sukses Menjadi Pengusaha Ala Ajik Krisna, Jangan Takut Memulai

Singaraja, koranbuleleng.com| Gusti Ngurah Anom yang akrab disapa Ajik Krisna merupakan nama di balik kisah sukses salah satu pusat oleh-oleh nomor satu di Bali. Beruntung, dalam kegiatan Dharma Duta Week yang digelar Jurusan Dharma Duta STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja berhasil menghadirkan salah satu orang terkaya di Bali ini untuk berbagi tips menjadi pengusaha.

Dharma Duta Week merupakan agenda tahunan dari Jurusan Dharma Duta STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Sempat vakum beberapa tahun lantaran Pandemi COVID-19, kegiatan praktik kreativitas dan inovasi mahasiswa ini kembali berlangsung di tahun 2023. Kegiatan dipusatkan di Halaman Kampus jalan Pulau Menjangan, Banyuning dan berlangsung selama tiga hari 8 hingga 10 Agustus 2023.

- Advertisement -

Salah satu kegiatan dihari pertama yakni Seminar Ekonomi Kreatif yang mengusung tema “SDM Andal di Era Disrupsi” dengam menghadirkan Gusti Ngurah Anom yang akrab disapa Ajik Krisna. Dalam kesempatan itu, pemilik Krisna Oleh-Oleh Bali ini berbagi kisah tentang perjalanan karirnya hingga berhasil menjadi sukses seperti saat ini.

Dalam seminar tersebut, Ajik Krisna mengawali kata-katanya dengan kekaguman setelah melihat-lihat STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja, terutama terhadap arsitektur fisik yang kental dengan nuansa Bali. Ia juga mengujarkan keyakinannya jika kampus Negeri ini akan semakin menginspirasi semangat masyarakat Hindu dalam menempuh pendidikan yang tinggi.

Melanjutkan pembahasannya, Ajik Krisna juga memberikan sebuah penekanan agar menempuh pendidikan tidak hanya menjadi sebuah seremonial belaka, tetapi juga mengedepankan praktek dan tindakan nyata yang berkelanjutan.

“Bagaimana anak-anak generasi milenial bisa diberikan arah yang jelas, sehingga setelah mereka menyelesaikan studi, mereka bisa langsung berkontribusi. Semua ini sangat bergantung pada upaya para pendidik dan sistem pendidikan dalam mendukung perkembangan kreativitas mahasiswa. Dan saya yakin, STAHN Mpu Kuturan ini bisa,” tutur Ajik Krisna.

- Advertisement -

Dengan pengalaman inspiratif dan pandangan inovatifnya, Ajik Krisna membuktikan bahwa kunci kesuksesan adalah keberanian untuk memulai. Kehadirannya dalam acara Dharma Duta Week telah memberikan pandangan positif dan wawasan yang berharga kepada calon pengusaha dan pemimpin masa depan. Dia menekankan pentingnya semangat berwirausaha bagi generasi muda.

“Para pemuda harus memimpikan diri menjadi pengusaha. Jangan biarkan rasa takut menghambat langkah Anda, percayalah pada insting dan intuisi Anda. Keyakinan pada diri sendiri adalah kunci. Jika kita yakin, maka apa yang kita ciptakan pasti akan berhasil.” ujarnya.

Disisi lain, Dharma Duta Week dibuka secara resmi oleh Ketua STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja Dr. I Gede Suwindia, M.A yang ditandai dengan pemukulan Gong pada Selasa, 8 Agustus 2023. Dalam sambutannya, Suwindia menyebut bahwa praktik kreativitas dan inovasi mahasiswa merupakan kegiatan untuk membangkitkan inovasi dan kreativitas mahasiswa. Sebagaimana Sumber Daya Manusia unggul selalu datang dari sebuah perguruan tinggi yang giat mendorong mahasiswanya, untuk terus berinovasi dan meningkatkan kreativitas.

“Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia ialah  melalui kegiatan akademik maupun non akademik yang diselenggarakan pada lembaga pendidikan,” ucapnya.

Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia lanjut Suwindia, mahasiswa merupakan salah satu komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus-menerus agar dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang handal di dunia kerja.

“Dalam dunia kerja pikiran yang kreatif sangat dibutuhkan. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini, kami memberikan bekal pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat menggali potensi yang ada pada diri mahasiswa,” tegasnya.

Kegiatan Praktik Kreativitas dan Inovasi mahasiswa ini diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut mulai Selasa, 8 Agustus 2023 sampai Kamis, 10 Agustus 2023, yang akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari Praktik Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa yaitu Kegiatan Seminar Ekonomi Kreatif, Kegiatan Kuliah Umum, Bedah Buku, dan berbagai kegiatan lomba. Selain itu juga dimeriahkan oleh pertunjukkan hiburan yang menampilkan beberapa bintang tamu, termasuk juga keberadaan stand makanan, serta stand kerajinan UMKM yang memeriahkan acara tersebut. (*)

Pewarta : Putu Rika Mahardika

Editor     : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts