Dispar Target Kedatangan 15 Kapal Pesiar Tahun Ini

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pariwisata Buleleng menargetkan 15 kapal pesiar yang bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang pada tahun ini. Kedatangan kapal pesiar tersebut, selain dapat meningkatkan PAD juga akan memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat Buleleng.  

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara mengatakan, tahun 2023 lalu ada delapan kapal pesiar yang mengangkut ribuan wisatawan mancanegara singgah ke Buleleng. Pada 2024 ini, pihaknya pun menargetkan jumlah kapal yang bersandar lebih banyak, atau setidaknya mencapai 15 kapal. 

- Advertisement -

Pada Januari ini sudah ada dua kapal yang bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang. Kapal pertama telah bersandar pada Selasa (2/1) kemarin, sementara kapal kedua dengan nama Celebrity-Millenium dijadwalkan akan bersandar pada Sabtu 6 Januari 2024. 

“Kapal tersebut mengangkut wisatawan mancanegara yang mengunjungi sejumlah destinasi wisata yang ada di Buleleng”katanya,Jumat 5 Januari 2023

Wisatawan itu akan mengunjungi DTW secara mandiri dengan menggunakan jasa Paguyuban Transport Celukan Bawang, atau melalui travel agent yang sudah bekerjasama dengan pihak pengelola kapal pesiar. Dengan kedatangan kapal pesiar ini otomatis meningkatkan perekonomian masyarakat Buleleng serta menambah PAD Buleleng. 

“Untuk mengunjungi masing-masing DTW wisatawan setidaknya harus membayar tiket retribusi. Selain itu mereka juga dapat menyumbang pajak restoran 10 persen karena makan siang di restoran-restoran lokal”ujar Dody

- Advertisement -

Sementara, untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan selama berlibur di Buleleng, pihaknya akan meningkatkan hubungan dengan berbagai stakeholder terkait di sekitar Pelabuhan dan menyempurnakan tata kelola DTW.  

“Para pengelola DTW diminta untuk berbenah mulai dari kebersihan, fasilitas, perbaikan sarana dan prasarana, serta menyiapkan petugas yang memadai”pungkasnya.(*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts