Damkar Buleleng Tambah Satu Unit Armada Seharga 1,9 Miliar

Singaraja, koranbuleleng.com | Dinas Pemadam Kebakaran Buleleng pastikan menambah satu unit mobil damkar pada tahun ini. Pembelian mobil ini sangat mendesak, mengingat mobil-mobil damkar yang dimiliki saat ini sudah tua.

Plt Kepala Dinas Damkar Buleleng Putu Ariadi Pribadi mengatakan, satu unit mobil damkar yang akan dibeli memiliki kapasitas air 3.000 liter dengan harga mencapai Rp 1,9 Miliar. Mobil damkar ini memang cukup kecil, namun diyakini cukup efektif untuk melakukan pemadaman, khususnya pada lokasi kebakaran yang berada di gang kecil. 

- Advertisement -

Saat ini pihaknya tengah persiapan menyusun perencanaan pengadaan, sehingga satu unit damkar itu dapat dibeli pada tahun ini melalui e-katalog.  

“Kami beli yang kapasitas 3.000 liter, karena memang untuk wilayah geografis Buleleng butuh armada yang lebih lincah, bisa masuk di gang kecil. Nanti akan kami tempatkan di Pos Kota,” katanya.

Dinas Damkar sendiri saat ini memiliki delapan unit armada. Dimana pengadaannya dilakukan pada tahun 1968 hingga 2004 silam. Namun dari delapan unit armada yang dimiliki, hanya tiga yang layak untuk digunakan dan telah ditempatkan masing-masing di Pos Kota, Pos Kubutambahan dan Pos Seririt.  Sementara lima armada lainnya dalam kondisi rusak mesin hingga tangki bocor.

“Mudah-mudahan dengan penambahan ini bisa memaksimalkan kerja jika terjadi musibah. Tapi idealnya setiap kecamatan ada pos damkar dan dilengkapi mobil pemadam” imbuhnya

- Advertisement -

Selain penambahan unit armada, pihaknya juga sangat membutuhkan kantor yang representatif. Sebab kantor yang ada saat ini di Jalan Dahlia, Kelurahan Kaliuntu, Kecamatan Buleleng masih jauh dari kata layak. Sebab lahannya sempit, serta ruang kesekretariatan dibuat seadanya.

“Kami sudah melaporkan kondisi ini ke Pj Bupati dan Sekda secara lisan. Berikutnya perlu dikaji lagi secara teknis oleh Dinas PUTR agar bisa anggarkan kantor baru atau rehab” tutup Ariadi. (*)

Editor : I Putu Nova Anita Putra

Komentar

Related Articles

spot_img

Latest Posts